Kode Mata Kuliah | BW2208 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Praktikum Ekologi Hutan dan Ilmu Tanah | Forest Ecology and Soil Science Practicum |
---|
Bahan Kajian | - Prinsip pencuplikan dan pengukuran: metode dan intensitas pencuplikan, alat/instrumen yang digunakan
- Faktor lingkungan: mikroklimat, faktor edafik (tanah)
- Kajian ekologis vegetasi: struktur tegakan, komposisi floristik, distribusi spasial
- Analisis jasa ekosistem: simpanan karbon, hidrologi
- Kajian ekologis satwa: makrofauna tanah, avifauna
- Keterkaitan faktor lingkungan dengan keragaman dan kelimpahan biota
| - Principles of sample collection and measurement: methods and size/intensity, tools/instruments
- Environmental factors: microclimate, edaphic (soil) factors
- Ecological analysis of vegetation: stand structure, floristic composition, spatial distribution
- Ecosystem services analysis: carbon storage, hydrology
- Ecological analysis of animals: soil macrofauna, avifauna
- Connection between environmental factors and organism’s diversity and abundance
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Merancang teknis/strategi pengukuran dan pencuplikan berbagai kelompok biota serta kodisi mikroklimat dan faktor edafik
- Mengukur kondisi mikroklimat dan edafik tapak, mendeskripsikan vegetasi, mencuplik biota dari kelompok arthropoda, dan mengamati burung
- Menganalisis keanekaragaman dan kelimpahan kelompok biota dan mengkaji keterkaitannya dengan kondisi lingkungan tapak
- Mengidentifikasi pendekatan dan instrumen yang tepat untuk pengukuran dan pencuplikan berbagai kelompok biota serta kodisi mikroklimat dan faktor edafik
- Melakukan pembagian tugas secara efektif sesuai dengan kemampuan masing-masing anggota kelompok
- Menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan sesuai arahan
| - Organize a strategy for measuring and collecting samples of various groups of organisms and the conditions of microclimate and soil
- Measuring site conditions (microclimate and soil), describing vegetation conditions, collecting arthropod samples, and bird-watching
- Analyze the diversity and abundance of organisms and describe the connection with environmental conditions
- Identify the suitable approach and instrument for measurement and sample collection of various groups of organisms and the conditions of microclimate and soil
- Organize group assignments effectively according to the member’s skills
- Complete tasks on time and follow the instructions
|
---|
Metode Pembelajaran | Kerja kelompok, pembelajaran berbasis proyek, presentasi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kinestetik-Sinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Nilai huruf (sistem A, AB, B, BC, C, D, E) berdasarkan ujian (UTS dan UAS), kuis, tugas, presentasi, dan kinerja/kontribusi terhadap pekerjaan kelompok. | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|