Kode Mata KuliahBW4110 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik Pemanenan Hasil HutanHarvesting Techniques of Forest Products
Bahan Kajian
  1. Pengertian, tujuan, ruang lingkup dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan pemanenan hasil hutan
  2. Definisi, tujuan dan ruang lingkup perencanaan pemanenan hasil hutan
  3. Pembukaan wilayah hutan
  4. Sistem pemanenan kayu
  5. Pemanenan kayu ramah lingkungan
  6. Teknik pemanenan kayu di hutan alam tropis lahan kering, hutan tanaman dan hutan rawa
  7. Tata usaha kayu
  8. Pemanenan hasil hutan bukan kayu: teknik pemanenan getah pinus, kopal, damar dan lain-lain.
  1. The meaning, purposes, scope and government policies related to forest products harvesting
  2. Definition, purposes and scope of planning the forest products harvest
  3. Forest openings
  4. Timber harvesting systems
  5. Reduced impact logging
  6. Techniques of timber harvesting in the dry land tropical natural forest, plantation forest and swamp forest
  7. Timber administration
  8. Harvesting techniques of non-timber forest products: harvesting techniques of pine sap, copal, resin etc.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
  2. Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan aspek rekayasa hutan.
  3. Mampu memilih metode yang tepat yang digunakan dalam praktik rekayasa kehutanan.
  1. Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in the forest engineering aspect using appropriate methods.
  2. Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in solving problems in forest engineering aspects.
  3. Able to choose the right method used in forest engineering practice
Metode PembelajaranTatap muka, tugas individu, tugas kelompok, diskusi, quis, pemutaran video terkait topik perkuliahan.dan kuliah lapanganFace to face, individual assignments, group assignments, discussions, quizzes, video screenings related to lecture topics and field study.
Modalitas PembelajaranVisual, auditorial, sinkron dan asinkronVisual, auditory, synchronous and asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianSistem Nilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D dan E)Letter Grade System (A, AB, B, BC, C, D and E)
Catatan Tambahan