Kode Mata KuliahMG4031 / 2 SKS
Penyelenggara125 - Teknik Metalurgi / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik PengecoranMetal Casting
Bahan Kajian
  1. Konsep, model, dan bahan baku pengecoran
  2. Teknologi pengecoran
  3. Sifat logam cair
  4. Mekanisme pembekuan logam
  5. Desain gating dan riser
  6. Inspeksi pengecoran
  1. Concepts, models, and raw materials for casting
  2. Casting technology
  3. Liquid metal properties
  4. Metal solidification mechanisms
  5. Gating & riser design
  6. Casting inspection
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Membuktikan pemahaman dan selalu bertindak atas dasar etika profesional, integritas, dan tanggung jawab.
  2. Memiliki pengetahuan dan menganalisis proses pembentukan produk dari bahan paduan-paduan logam melalui proses pengecoran.
  3. Memiliki pemahaman dan kemampuan untuk mengevaluasi peran keinsinyuran metalurgi dalam lingkup global, ekonomi, ekologi, dan sosial.
  1. Demonstrate understanding and consistently act based on professional ethics, integrity, and responsibility.
  2. Have knowledge and analyze the process of forming products from metal alloys through casting processes.
  3. Have an understanding and the ability to evaluate the role of metallurgical engineering in the global, economic, ecological, and social context.
Metode PembelajaranKegiatan proses belajar dalam kelas Kegiatan penugasan terstrukturClassroom learning activities Structured assignment activities
Modalitas PembelajaranKombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif.Combination of lectures and discussions, self-study from literature or videos, problem-based learning, individual assignments, regular quizzes, and cooperative learning.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian Tengah Semester (UTS) Ujian Tengah Semester (UAS) Tugas Mandiri Kuis atau Komponen Penilaian LainnyaMidterm Exam (UTS) Final Exam (UAS) Individual Assignment Quizzes or Other Assessment Components
Catatan Tambahan