| Kode Mata Kuliah | MG4034 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 125 - Teknik Metalurgi / FTTM |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Analisis Kegagalan Logam | Failure Analysis |
|---|
| Bahan Kajian | - Patahan
- Kriteria kegagalan
- Kegagalan distorsi
- Kegagalan aus
- Kegagalan fatik
- Kerusakan akibat hidrogen
- Korosi retak tegang
- Kegagalan pada temperatur tinggi
| - Fracture
- Failure criteria
- Distortion failure
- Wear failure
- Fatigue failure
- Hydrogen-induced damage
- Stress corrosion cracking
- High-temperature failure
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu melakukan pembelajaran mandiri terkait analisis kegagalan logam.
- Mampu melakukan analisis penentuan atas kasus kegagalan dari suatu komponen logam atau struktur dan memberikan rekomendasi pencegahannya.
- Mampu memberikan tinjauan, analisis, evaluasi, dan menyampaikan paparan terhadap kasus kegagalan logam.
| - Able to engage in self-directed learning related to metal failure analysis.
- Able to perform analysis and determination of metal component or structure failure cases and provide preventive recommendations.
- Able to review, analyze, evaluate, and present on metal failure cases.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Kegiatan proses belajar dalam kelas
Kegiatan penugasan terstruktur | Classroom Learning Activities
Structured Assignment Activities |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran mandiri dari literatur atau video, pembelajaran berbasis masalah, tugas mandiri, kuis rutin bersama, dan pembelajaran kooperatif. | Combination of lectures and discussions, self-learning from literature or videos, problem-based learning, independent assignments, regular quizzes together, and cooperative learning. |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UAS)
Tugas Mandiri
Kuis atau Komponen Penilaian Lainnya | Midterm Exam (UTS)
Final Exam (UAS)
Independent Assignments
Quizzes or Other Assessment Components |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|