Kode Mata Kuliah | TM4000 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 122 - Teknik Perminyakan / FTTM |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Studi Integrasi | Capstone Design |
---|
Bahan Kajian | - Penulisan Laporan
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
| - Report writing
- Indonesian Language
- English
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi berbagai sumber data lapangan minyak dan/atau gas.
Mampu menerapkan Solusi numerik yang tepat untuk evaluasi pengembangan lapangan.
- Mampu merancang sistem dan komponen produksi sumur
Mampu mengoptimalkan skenario pengembangan lapangan dengan mempertimbangkan faktor ekonomi.
- Mampu menyampaikan hasil kajian teknis pengembangan lapangan melalui seminar
Mampu menulis laporan rencana pengembangan lapangan
Mampu membuat penilaian kelayakan pengembangan lapangan dengan pertimbangan keekonomian
- Mampu berkolaborasi dalam tim untuk mencapai tujuan penyelesaian proyek studi
Mampu menganalisis dan menafsirkan data lapangan untuk digunakan dalam pertimbangan teknis dalam penarikan kesimpulan
- Mampu menggunakan perangkat lunak terbaru untuk menyelesaikan studi kasus pengembangan lapangan
| - Able to identify various sources of oil and/or gas field data.
Able to apply appropriate numerical solutions for field development evaluation.
- Able to design well production systems and components
Able to optimize field development scenarios by considering economic factors.
- Able to convey the results of technical studies on field development through seminars
Able to write field development plan reports
Able to make an assessment of the feasibility of field development with economic considerations
- Able to collaborate in a team to achieve the goal of completing a study project
Able to analyze and interpret field data for use in technical considerations in drawing conclusions
- Able to use the latest software to complete field development case studies
|
---|
Metode Pembelajaran | Studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah | Case studies, collaborative learning, project-based learning, problem-based learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran daring dan luring, mandiri | Mix online and offline, independently |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas kelompok, Laporan kelompok, Kajian/laporan individu, Presentasi Tugas, Seminar | Group assignments, group reports, individual studies/reports, assignment presentations, seminars |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|