Kode Mata KuliahIF5221 / 3 SKS
Penyelenggara235 - Informatika / STEI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahInovasi Produk Perangkat LunakSoftware Product Innovation
Bahan Kajian
  1. Pengantar Inovasi Produk Perangkat Lunak
  2. Identifikasi Topik dan Permasalahan
  3. Identifikasi dan Analisa Kebutuhan Pasar
  4. Identifikasi dan Analisa Kebutuhan Sistem
  5. Pemodelan Kebutuhan
  6. Perencanaan Produk Perangkat Lunak dan Kualitasnya
  7. Perencanaan Komersialisasi
  8. Presentasi proposal
  9. Pelaksanaan Pembangunan Produk Perangkat Lunak
  10. Presentasi dan demo
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu mengidentifikasi kebutuhan perangkat lunak berdasarkan ide yang inovatif
    2. Mampu memodelkan kebutuhan perangkat lunak dalam notasi yang benar
    3. Mampu merancang produk perangkat lunak yang ingin dibangunnya dengan justifikasi yang tepat serta memodelkannya dalam notasi yang benar
    4. Mampu menilai kualitas rancangan yang telah dihasilkan
    5. Mampu merealisasikan hasil rancangannya menjadi produk perangkat lunak yang siap digunakan
      Metode Pembelajaran● Proses belajar dalam kelas (minimal) ● Penugasan terstruktur dengan project-based study
      Modalitas Pembelajaran● Pembelajaran tatap muka (audio, visual) ● Pembelajaran daring
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian● Penilaian proses pembangunan produk ● Penilaian hasil produk perangkat lunak ● Inovasi produk perangkat lunak
      Catatan Tambahan