Kode Mata Kuliah | BI6095 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Sidang Magister | Magister Oral Examination |
---|
Bahan Kajian | - Sidang akhir (komprehensif) dengan membawa tesis yang telah dievaluasi
| - Final (comprehensive) session by bringing the evaluated thesis
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Refleksi Berkelanjutan: Mahasiswa secara rutin merefleksikan pengalaman belajar mereka, menganalisis apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan terutama pada saat penelitian.
- Inisiatif Belajar: Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
- Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
- Adaptation to Change and Application of Current Knowledge: Students continue to update or apply current knowledge in the field of biology and technology specifically related to their focus of study.
- Continuous Reflection: Students regularly reflect on their learning experience, analyzing what works and what needs to be improved especially at the time of research.
- Learning Initiative: Students show high initiative in finding new learning resources, enthusiastic in discussing and discussing the latest knowledge in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan bersifat daring penuh berisi presentasi mahasiswa dan pengujian lisan dari hasil tesis penelitian oleh dosen pembimbing dan dosen penguji. | The activity is a fully online activity containing student presentations and oral testing of the results of the research thesis by the supervisor and examining lecturer. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi | Combines different modes of absorption:
1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc.
2. Auditorial through material delivery, question and answer, and discussion.
3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Rubrik Penilaian yang menilai aspek pengetahuan (laporan tertulis dan/atau lisan), aspek keterampilan (peforma penyampaian hasil penelitian, thesis, maupun studi kasus), dan aspek sikap (keaktifan, kejujuran/plagiarisme) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|