Kode Mata KuliahBI6091 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSeminar KemajuanProgress Seminar
Bahan Kajian
  1. Progress penelitian minimal 50% peta jalan riset
  2. Laporan kemajuan penelitian
  1. Research progress of at least 50% of the research roadmap
  2. Research progress report
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
  2. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
  2. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of their studies.
Metode Pembelajaran- Penyampaian secara lisan dan tertulis mengenai kemajuan penelitian - Diskusi dan tanya jawab oleh dosen pembimbing dan penguji-Speech and written submission of research progress - Discussion and question-answer by the lecturer.
Modalitas PembelajaranBersifat luring dan sinkron. Pembelajaran dilakukan tanpa menggunakan teknologi luring. Moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi. 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusiAbsorption mode: 1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc. 2. Auditorial through material delivery, Q&A, and discussion. 3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianDilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis dan/atau lisan berupa presentasi. 2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penyampaian kemajuan penelitian. 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasPerformed in an integrated manner to assess: 1. Aspects of knowledge through written reports and / or oral presentations. 2. Aspects of skills through performance assessment of research progress delivery. 3. Aspects of attitude through activeness, honesty / plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan