Kode Mata Kuliah | BP6020 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 213 - Biomanajemen / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Analisis dan Permodelan Spasial Keanekaragaman Hayati | Spatial Analysis and Modelling for Biodiversity |
---|
Bahan Kajian | - Model dalam Analisis Kompleksitas Ekosistem
- Berpikir Spasial
- Review Teknologi Penginderaan Jauh
- Review Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Sumberdaya Alam/Ekosistem/Biodiversitas
- Peran dan Sifat Pemodelan Spasial Lingkungan
- Data Spasial dan Kualitasnya
- Teknik Pemodelan Spasial, Spatial DSS (Decision Support Systems)
- Studi Kasus Aplikasi SIG dalam Pemodelan Ekosistem/Biodiversitas (Air, Karbon, Biodiversitas)
| - Models for Analysing Ecosystem Complexity
- Spatial Thinking
- Review of Remote Sensing Technologies
- Review of Geographic Information System for Natural Resources/Ecosystem/Biodiversity Management
- The Role and Nature of Environmental Spatial Modelling
- Spatial Data and Data Quality
- Spatial Modelling Techniques, Spatial DSS (Decision Support Systems)
- Case Study of GIS Application in Modelling Ecosystem/Biodiversity (Water, Carbon, Biodiversity)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu merencanakan bisnis di bidang komoditas, keanekaragaman hayati, dan lingkungan dengan menggunakan konsep ekologi-ekonomi dan bio-bisnis
- Mampu mengevaluasi bisnis di bidang komoditas, keanekaragaman hayati, dan lingkungan dengan menggunakan konsep ekologi-ekonomi dan bio-bisnis
- Mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengevaluasi pengelolaan ekosistem untuk konservasi dan bisnis yang berkelanjutan
- Mampu melakukan perbaikan berkesinambungan (continuous improvement) pengelolaan ekosistem untuk konservasi dan bisnis yang berkelanjutan
| - Capable of planning businesses in the fields of commodities, biodiversity, and the environment using ecological-economic and bio-business principles.
- Capable in evaluating businesses in the fields of commodities, biodiversity, and the environment using ecological-economic and bio-business principles.
- Skilled at planning, organizing, and evaluating ecosystem management for sustainable conservation and business practices.
- Experienced in implementing continuous improvements in ecosystem management for sustainable conservation and business practices.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri. | Lectures, structured assignments, and self-learning activities. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda Penyerapan: Visual, Auditorial, Kinestetik
Moda Pelaksanaan: Sinkronous dan Asinkronous | Modes of Engagement: Visual, Auditorial, Kinestetic
Mode of Implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | 1) UTS : 25%
2) UAS : 30 %
3) Praktikum : 15%
4) Tugas Pemodelan Spasial : 20%
5) Test Essay (Quiz) : 10% | 1) Mid term test : 25%
2) Final Exam : 30 %
3) Practicum : 15%
4) Spatial model assignment : 20%
5) Test Essay (Quiz) : 10% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|