Kode Mata Kuliah | TB4092 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 145 - Teknik Bioenergi dan Kemurgi / FTI |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penulisan Karya Tulis Ilmiah | Scientific Writing |
---|
Bahan Kajian | - Tinjauan Pustaka
- Latar Belakang Masalah dan Tujuan Penelitian
- Rancangan Percobaan
- Metoda Pengolahan dan Analisis Data
| - Literature Review
- Problem Background and Research Objectives
- Experimental Design
- Data Processing and Analysis Methods
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan yang terkait dengan topik penelitian yang dikerjakan.
- Mahasiswa mampu memformulasi celah riset dan merumuskan latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup penelitian.
- Mahasiswa mampu menyusun rancangan percobaan yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian.
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan memilih metode pengambilan dan analisis data yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian.
- Mahasiswa mampu melakukan analisis terkait aspek keselamatan yang harus diperhatikan saat melaksanakan penelitian.
- Mahasiswa mampu memaparkan proposal penelitian secara tertulis dan lisan.
| - Students are able to define the main problem of conducted research problem.
- Students are able to formulate the research gap, backgrounds, objectives, and scope of research project.
- Students are able to design experiment to achieve research project’s objectives.
- Students are able to explain and choose data collection and analysis method to achieve research project’s objectives.
- Students are able to analyze safety aspects that must be addressed when conducting research.
- Students are able to present research proposal in writing and orally.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran berbasis masalah.
Pembelajaran kolaboratif.
Pembelajaran kooperatif.
Diskusi kelompok. | Problem-based learning.
Collaborative learning.
Cooperative learning.
Group discussion. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring.
Kelompok. | Offline.
Group. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Penilaian berasal dari laporan dan seminar proposal penelitian yang dinilai oleh Dosen Pembimbing, Dosen Penguji, dan Koordinator Penelitian. | Assessment is based on the research proposal report and seminar evaluated by the Lecturer Advisor, Lecturer Examiner, and Research Coordinator. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|