Kode Mata KuliahBM3102 / 2 SKS
Penyelenggara104 - Mikrobiologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEvolusi dan Biosistematika MikrobaEvolution and Microbial Biosystematics
Bahan Kajian
  1. Sejarah dan konsep dasar biosistematik
  2. Konsep dan perkembangan biosistematika mikroba
  3. Penggunaan karakter-karakter dalam sistematik (karakter fenotip mikroba, karakter genotip mikroba, similaritas dan “arrangement”)
  4. Klasifikasi mikroba dan konsep spesiasi mikroba
  5. Identifikasi mikroba
  6. Taksonomi numerik dan polifasik
  7. Filogenetik
  8. Kerangka taksonomi dan filogenetik untuk sistematik mikroba (rekontruksi dan interpretasi pohon filogenetik, batasan dalam rekontruksi pohon filogenetik)
  9. Molekul marker untuk sistematik mikroba, beberapa kekurangan 16S rRNA gene sequence analisis
  10. Analisis pembanding untuk marker filogenetik alternatif dan kekurangan marker filogenetik alternatif
  11. Dasar pemikiran untuk 16S rRNA-derived backbone untuk Bergey’s Manual
  12. Pohon filogenetik berdasarkan pada ”small subunit rRNA”
  13. Nomenklatur dan etimologi nomenklatur mikroba
  14. Probe asam nukleat dan aplikasinya
  15. Perbandingan metode identifikasi secara molekular dan konvesional
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mengetahui pentingnya klasifikasi mikroba dan bagaimana sistem klasifikasinya (CPL 03)
    2. Membedakan antara karakter-karakter fenotip dan genotip mikroba (CPL 03)
    3. Mengetahui klasifikasi, kekerabatan secara evolusi dan biodiversitas kelompok mikroba utama serta kepentingannya secara ekonomi, medis dan lingkungan (CPL 03)
    4. Mampu menerapkan baik teknik molekuler dengan penggunaan probe gen maupun teknik konvensional untuk identifikasi mikroba (CPL 06)
    5. Mampu menulis artikel ilmiah yang terkait dengan biodiversitas mikroba serta melakukan analisis terhadap peranan mikroba tersebut di berbagai lingkungan. (CPL 13)
    6. Mampu mempresentasikan ide dan gagasan yang tercakup dalam artikel ilmiah tersebut (CPL 13)
    7. Mampu bekerjasama dalam tim dan berkomunikasi dengan baik dalam kelompoknya. (CPL 14)
      Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas, Studi kasus, presentasi
      Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial; Sinkronous, Asinkronous; Luring/ Bauran
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUTS 40%, UAS 40%, Tugas dan Kuis 20%
      Catatan Tambahan