Kode Mata Kuliah | BM3102 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 104 - Mikrobiologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Evolusi dan Biosistematika Mikroba | Evolution and Microbial Biosystematics |
---|
Bahan Kajian | - Sejarah dan konsep dasar biosistematik
- Konsep dan perkembangan biosistematika mikroba
- Penggunaan karakter-karakter dalam sistematik (karakter fenotip mikroba, karakter genotip mikroba, similaritas dan “arrangement”)
- Klasifikasi mikroba dan konsep spesiasi mikroba
- Identifikasi mikroba
- Taksonomi numerik dan polifasik
- Filogenetik
- Kerangka taksonomi dan filogenetik untuk sistematik mikroba (rekontruksi dan interpretasi pohon filogenetik, batasan dalam rekontruksi pohon filogenetik)
- Molekul marker untuk sistematik mikroba, beberapa kekurangan 16S rRNA gene sequence analisis
- Analisis pembanding untuk marker filogenetik alternatif dan kekurangan marker filogenetik alternatif
- Dasar pemikiran untuk 16S rRNA-derived backbone untuk Bergey’s Manual
- Pohon filogenetik berdasarkan pada ”small subunit rRNA”
- Nomenklatur dan etimologi nomenklatur mikroba
- Probe asam nukleat dan aplikasinya
- Perbandingan metode identifikasi secara molekular dan konvesional
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengetahui pentingnya klasifikasi mikroba dan bagaimana sistem klasifikasinya (CPL 03)
- Membedakan antara karakter-karakter fenotip dan genotip mikroba (CPL 03)
- Mengetahui klasifikasi, kekerabatan secara evolusi dan biodiversitas kelompok mikroba utama serta kepentingannya secara ekonomi, medis dan lingkungan (CPL 03)
- Mampu menerapkan baik teknik molekuler dengan penggunaan probe gen maupun teknik konvensional untuk identifikasi mikroba (CPL 06)
- Mampu menulis artikel ilmiah yang terkait dengan biodiversitas mikroba serta melakukan analisis terhadap peranan mikroba tersebut di berbagai lingkungan. (CPL 13)
- Mampu mempresentasikan ide dan gagasan yang tercakup dalam artikel ilmiah tersebut (CPL 13)
- Mampu bekerjasama dalam tim dan berkomunikasi dengan baik dalam kelompoknya. (CPL 14)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Studi kasus, presentasi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial; Sinkronous, Asinkronous; Luring/ Bauran | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 40%, UAS 40%, Tugas dan Kuis 20% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|