| Kode Mata Kuliah | BM3206 / 2 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 104 - Mikrobiologi / SITH | 
|---|
| Kategori | Kuliah | 
|---|
|  | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Bioetika Dalam Mikrobiologi | Bioethic in Microbiology | 
|---|
| Bahan Kajian | Aspek keamanan hayati pada kegiatan, berupa penelitian, praktikum, maupun produksi dari suatu produk, berbasis mikroorganisme.Dapat menjelaskan, membandingkan, dan membedakan "cara berpikir" umum dalam sains (mikrobiologi) dan filsafat (etika).Dapat mengenali masalah bioetika, menjabarkannya menjadi bagian-bagian kecil (analisis), dan mendiskusikan analisis tersebut melalui komunikasi lisan dan tulisan, baik secara individu maupun dalam kelompok.Mendekati masalah bioetika dan usulkan solusi yang melampaui disiplin mikrobiologi dan filsafat, namun tetap berakar kuat pada cara mengetahui masing-masing disiplin.Memperoleh dan memisahkan pengetahuan faktual dari opini di bidang sains dan filsafat.pemahaman yang mendalam dan keterampilan analitis bagi mahasiswa dalam menghadapi berbagai isu etis yang relevan dalam bidang mikrobiologiMenunjukkan pemikiran kritis yang baik (yaitu, jelas, logis (koheren dan relevan), luas, mendalam, dan diskriminatif) dalam bioetika melalui lisan dan tulisan
 | 
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Memahami dampak mikroorganisme terhadap kesehatan dan kualitas lingkungan (CPL 08)Memahami proses berpikir saintifik dan memiliki kemampuan untuk melakukan risk assessment berbasis bahaya mikroorganisme menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (CPL 08)Memahami proses berpikir saintifik dan memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif untuk menemukan ide penelitian (CPL 12)Memahami hubungan antara sains dan kemasyarakatan dan memahami bahwa penelitian merupakan salah satu media untuk berkolaborasi (CPL 12)Mahasiswa dengan pengetahuan yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan untuk selalu bekerja dalam rambu-rambu etika internasional, baik dalam lingkungan akademik maupun dalam kehidupan sehari-hari. (CPL 13)
 | 
 | 
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi Kelompok, Workshop, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus |  | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Kinestetik; Sinkronous, Asinkronous; Buku teks, slide presentasi dan video pembelajaran. |  | 
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE | 
|---|
| Metode Penilaian | UAS (35%), UTS (35%), Nilai lainnya (30%; terdiri dari Tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi singkat, quiz) |  | 
|---|
| Catatan Tambahan |  |  | 
|---|