Kode Mata Kuliah | IS5005 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 257 - Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kebijakan Air dan Ekonomi Lingkungan | Water Policy and Environmental Economics |
---|
Bahan Kajian | - Konsep pengelolaan sumber daya air dan aturan perundang-undangan
- Adaptasi dan mitigasi dalam pengelolaan sumber daya air
- Kebijakan dan regulasi
- Perubahan iklim dan tata guna lahan
- Konsep debit rencana
- Metode perhitungan debit rencana
- Kebijakan pengendalian pencemaran air (stream standard) pada kondisi debit kering
- Pengembangan air minum berkelanjutan
- Metode perhitungan lintasan pedoman waduk dengan metode historis dan Markov
- Perkiraan debit dengan metode korelasi spasial dan diskrit Markov
- Simulasi pengoperasian waduk aktual
- Konsep program dinamik Bellman
- Teknik simulasi pengelolaan waduk
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami komponen sikulus hidrologi, karakteristik komponen hidrologi (P, Q) yang bersifat acak dan stokastik, serta satuan sistem daerah aliran sungai dalam pengelolaan sumber daya air
- Mahasiswa memahami dasar konstitusi pengelolaan sumber daya air, hierarki kebijakan pengelolaan sumber daya air tingkat nasional dan tingkat daerah, serta memahami regulasi dan kelembagaan terkait pengelolaan sumber daya air baik dalam kriteria kuantitas dan kualitas
- Mahasiswa memahami kebijakan dalam aspek teknologi, ekonomi, dan sosial
- Mahasiswa memahami dampak perubahan iklim dan degradasi lahan terhadap watak aliran dalam hal ini khususnya dampak terhadap dimensi infrastruktur sumber daya air banjir dan kekeringan secara mendalam
- Mahasiswa memahami perhitungan alokasi air untuk kebutuhan irigasi dan domestik dan kebijakan terkait alokasi air
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi kelompok, tugas, studi kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, sinkron, dan mandiri/kelompok | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS (%), UAS (%), dan Tugas (%) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|