Kode Mata Kuliah | TF2207 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 133 - Teknik Fisika / FTI |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Laboratorium Teknik Fisika II | Engineering Physics Laboratory II |
---|
Bahan Kajian | - Eksperimen Fisika (mekanika dan elektronika digital)
- Bahasa dan Komunikasi (menulis laporan)
- Proyek Desain (sistem mekanik dan elektronik digital)
- Probabilitas dan Statistik (pengolahan data eksperimen)
- Etika dan Profesionalisme (K3L, kedisiplinan)
- Manajemen dan Ekonomi (kerjasama)
| - Experimental Physics
- Language and Communication
- Design Project
- Probability and Statistics
- Ethics and Professionalism
- Management and Economy
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - 2b. Mengusulkan berbagai alternatif konsep sistem mekatronik, lalu memilih konsep terbaik untuk memenuhi spesifikasi masalah elektronika dan mekanika.
2c. Merancang sistem mekatronik sesuai konsep menggunakan metode dan alat desain modern (E-CAD, M-CAD).
2e. Mengimplementasikan sistem mekatronik sesuai rancangan menggunakan alat modern (3D printing, laser cutting, CNC).
2f. Menguji fungsi dan kinerja sistem mekatronik.
2g. Memantau operasi sistem mekatronik dan melakukan trouble shooting
- 3c. Membuat laporan praktikum yang menampilkan teks, tabel, maupun grafik
- 4c. Menerapkan norma K3L, etos kerja profesional dalam kegiatan praktikum.
- 5b. Bekerja sama dalam tim sesuai rencana kerja secara profesional.
- 6a. Melakukan eksperimen elektronika dan mekanika menggunakan instrumentasi berbasis mikroprosesor.
6b. Mengolah dan menganalisis hasil eksperimen elektronika dan mekanika.
6c. Menarik kesimpulan dan memberi saran dari hasil analisis eksperimen elektronika dan mekanika.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | SBL, RBL, PjBL/proyek | SBL, RBL, PjBL/projects |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring | Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Presentasi, laporan, demonstrasi, praktik | Presentation, report, demonstration, practices |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|