Kode Mata KuliahBT5013 / 2 SKS
Penyelenggara211 - Bioteknologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRekayasa BioprosesBioprocess Engineering
Bahan Kajian
  1. Formulasi media kultivasi dan produksi
  2. Pengembangan produksi inokulum
  3. Sistem unit operasi bioproeses hulu (upstream)
  4. Sistem unit operasi bioproeses hulu (downstream)
  5. Studi kasus bioproses dengan mikroba sebagai agen hayati
  6. Studi kasus bioproses dengan sel tumbuhan sebagai agen hayati
  7. Studi kasus bioproses dengan sel hewan sebagai agen hayati
  8. Aplikasi sensor pada sistem bioproses
  9. Penanganan dan pengolahan limbah produksi
  1. Cultivation and production media formulation
  2. Inoculum production development
  3. Upstream bioprocessing operation unit system
  4. Upstream (downstream) bioprocessing operating unit system
  5. Bioprocessing case studies with microbes as biological agents
  6. Case study of bioprocessing with plant cells as biological agents
  7. Bioprocessing case study with animal cells as biological agents
  8. Sensor applications in bioprocessing systems
  9. Handling and treatment of production waste
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan terapan konsep ilmu hayati dalam sistem bioproses berbasis sel, jaringan, dan organisme
  2. Mahasiswa mampu membedakan penggunaan teknik bioproses untuk menghasilkan produk berbasis sel mikroba, hewan, dan tumbuhan
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kesesuaian etika, kebutuhan teknologi, dan dampak lingkungan terkait bioproses untuk menghasilkan produk berbasis sel mikroba, hewan, dan tumbuhan
  4. Mahasiswa mampu menghitung parameter kinetika dalam sistem bioproses
  5. Mahasiswa mampu merancang dan mengkomunikasikan hasil rancangan proses produksi bioproduk secara oral dan tertulis
  1. Students are able to explain the application of life science concepts in cell, tissue, and organism-based bioprocessing systems
  2. Students are able to distinguish the use of bioprocessing techniques to produce microbial, animal, and plant cell-based products
  3. Students are able to identify ethical suitability, technological needs, and environmental impacts related to bioprocessing to produce microbial, animal, and plant cell-based products.
  4. Students are able to calculate kinetic parameters in bioprocessing systems
  5. Students are able to design and communicate the results of bioproduct production process design orally and in writing
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri, Presentasi kelompokAn in-class learning process, Structured assignments, Independent activities, Group presentation
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual, Auditorial Moda Pelaksanaan: Sinkronous, AsinkronousModes of absorption: Visual, Auditorial Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 30%; UAS 30%; Tugas mandiri 20%; tugas kelompok 10%; Kuis 10%Midterm Exam 30%; Final Exam 30%; Independent assignment 20%; Group assignment 10%, Quiz 10%
Catatan Tambahan