Kode Mata Kuliah | BT6090 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 211 - Bioteknologi / SITH |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penelitian Magister II dan Seminar A | Master II Research and Seminar A |
---|
Bahan Kajian | - Menyelesaikan proses riset dengan melakukan percobaan-percobaan untuk mengumpulkan data yang diperlukan
- Menginterpretasikan keseluruhan data untuk membuktikan hipothesis riset yang sudah dirumuskan
- Menyimpulkan hasil-hasil penelitiannya terhadap literatur yang sudah ada
- Mempresentasikan hasil penelitian tersebut di forum seminar ilmiah
| - Complete the research process by conducting experiments to collect the necessary data
- Interpret the overall data to prove the research hypothesis that has been formulated
- Conclude the results of their research against existing literature
- Present the research results in a scientific seminar forum
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat memahami state of the art penelitian yang dilakukan dan posisinya terhadap penelitian bioteknologi terkini.
- Mahasiswa menguasai konsep dasar dari metoda kerja yang digunakan dalam penelitiannya, serta lebih mahir dalam menggagas troubleshooting bila ada ketidakberhasilan.
- Mahasiswa, secara semi-mandiri, dapat melaksanakan suatu proses riset di bidang bioteknologi industri atau kesehatan atau agrikultur, mengolah dan menganalisis data dengan berkonsultasi pada pembimbing.
- Mahasiswa menuliskan suatu laporan penelitian yang secara konten ilmiah dapat dikembangkan menjadi manuskrip publikasi dan/atau tesis magister.
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dengan sistematis dan dengan tata cara yang lazim pada forum seminar ilmiah di program studi.
| - Students are able to understand the state of the art of the research conducted and its position towards the latest biotechnology research.
- Students master the basic concepts of the working methods used in their research and are more adept at initiating troubleshooting when there is no success.
- Students, semi-independently, can conduct a research process in industrial or health or agricultural biotechnology, process and analyze data in consultation with the supervisor.
- Students write a research report with scientific content that can be developed into a manuscript publication and/or master thesis.
- Students are able to present their research results systematically and conventionally at a scientific seminar forum in the study program.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial, Kinestetik
Moda Pelaksanaan: Sinkronous Asinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial, Kinesthetic
Modes of Execution: Synchronous Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Penelitian: 80% (penilaian dapat diberikan oleh dosen pembimbing jika capaian sudah 80%), Seminar : 20% (diberikan oleh dosen penilai seminar) penilaian dapat dilakukan setelah mahasiswa melakukan seminar akhir, dimana nilai yang didapatkan pada seminar akan menjadi acuan untuk perbaikan pada nilai penulisan tesis, penyusunan publikasi, dan sidang. | Research: 80% (assessment can be given by the supervisor if the achievement is 80%), Seminar: 20% (given by the seminar assessor) Assessment can be done after the student conducts the final seminar, where the value obtained at the seminar will be a reference for improvement in the value of thesis writing, publication preparation, and trial. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|