Kode Mata Kuliah | BT6122 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 211 - Bioteknologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Bioteknologi Ketahanan Tumbuhan | Plant Resistance Biotechnology |
---|
Bahan Kajian | - Mekanisme berbagai respon tanaman saat menghadapi cekaman biotik maupun abiotik
- Respon secara morfologi dan fisiologis akan didiskusikan sebagai tahap deteksi awal
- Perubahan pada level biokimia dan molekuler juga akan dibahas dengan menitik beratkan pada perubahan proses pensinyalan, regulasi transkripsi dan translasi
- Aplikasi metode bioteknologi terkini akan didiskusikan untuk menganalisis dampak positif dan negatif terhadap tanaman itu sendiri dan lingkungan
| - Mechanisms of various plant responses to biotic and abiotic stresses
- Morphological and physiological responses will be discussed as the initial detection stage.
- Changes at the biochemical and molecular levels will also be discussed, with an emphasis on changes in signaling processes and transcriptional and translational regulation.
- Applications of current biotechnology methods will be discussed to analyze the positive and negative impacts on the plant itself and the environment.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mendeskripsikan berbagai jenis cekaman beserta respon tanaman.
- Mampu menjelaskan mekanisme fisiologi, seluler, dan molekuler pada saat cekaman.
- Mampu menjabarkan metode yang dapat digunakan dalam menganalisis cekaman tanaman.
- Mampu mengintegrasikan pengetahuan dari level molekuler hingga organisme terkait cekaman pada tanaman.
- Mampu mencari informasi relevan dan menganalisis studi kasus terkini dari publikasi saintifik terkait cekaman tanaman dan bioteknologi.
- Mampu berkomunikasi ilmiah dan oral secara tertulis pada bahasan cekaman tanaman dan bioteknologi.
| - Able to describe various types of stress and plant responses.
- Able to explain physiological, cellular and molecular mechanisms during stress.
- Able to describe methods that can be used in analyzing plant stress.
- Able to integrate knowledge from molecular to organismal level related to plant stress.
- Able to find relevant information and analyze current case studies from scientific publications related to plant stress and biotechnology.
- Able to communicate scientifically and orally in writing on the topic of plant stress and biotechnology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri | An in-class learning process, Structured assignments, Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous, Asinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial
Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | [UTS,UAS, TUGAS tertulis dan lisan] | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|