Kode Mata Kuliah | BT6132 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 211 - Bioteknologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Bioteknologi lingkungan industri | Industrial Environmental Biotechnology |
---|
Bahan Kajian | - Klasifikasi limbah industri
- Aplikasi bioteknologi modern dalam pengolahan limbah industri
- Regulasi pengolahan limbah industri
- Aplikasi bioteknologi lingkungan modern untuk konservasi sumber daya
- Rekayasa Bioproses
| - Classification of industrial effluents
- Application of modern biotechnology in industrial effluent treatment
- Regulation of industrial waste treatment
- Application of modern environmental biotechnology for resource conservation
- Bioprocess Engineering
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis dan karakteristik limbah industi
- Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya suatu masalah lingkungan dari proses industri
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi pendekatan penanganan masalah lingkungan yang sesuai dalam industri berbasis agen hayati
- Mahasiswa mampu menguraikan keunggulan dan kekurangan pendekatan bioteknologi modern dibandingkan dengan pendekatan konvensional
- Mahasiswa mampu menggunakan analisis multiomik untuk mengevaluasi proses aplikasi bioteknologi modern
- Mahasiswa mampu mengaitkan pendekatan bioteknologi lingkungan modern untuk mengatasi permasalahan lingkungan berdasarkan etika, peraturan perundang-undangan, dan standar baku mutu yang berlaku
- Mahasiswa mampu membuat kajian penyebab dampak, resiko, dan rekayasa berbasis bioteknologi yang terjadi dalam suatu industri secara mandiri dan kelompok dalam bentuk paparan lisan dan tulisan
| - Students are able to identify the types and characteristics of industrial waste
- Students are able to explain the factors that cause environmental problems from industrial processes
- Students are able to identify suitable approaches to handling environmental problems in bio-agent-based industries
- Students are able to describe the advantages and disadvantages of modern biotechnology approaches compared to conventional approaches
- Students are able to use multiomics analysis to evaluate the application process of modern biotechnology
- Students are able to relate modern environmental biotechnology approaches to overcome environmental problems based on ethics, laws and regulations, and applicable quality standards.
- Students are able to make a study of the causes of impacts, risks, and biotechnology-based engineering that occur in an industry independently and in groups in the form of oral and written presentations
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi Kelompok, Workshop, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | Lecture, Group Discussion, Workshop, Problem-based Learning/Case Study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous, Asinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial
Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 35%, UAS 35%; Nilai lainnya (30%; terdiri dari tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi singkat, quiz | Midterm Exam 35%; Final Exam 35%; Other grades (30%; consists of independent assignments, group assignments, short presentations, quiz) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|