Kode Mata Kuliah | BT6141 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 211 - Bioteknologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Aplikasi Sel Punca dan Pengobatan Regeneratif | Stem Cell Applications and Regenerative Medicine |
---|
Bahan Kajian | - Stem cell : embrionik, dewasa, iPSC
- Peranan Faktor transkripsi dan epigenetik dalam diferensiasi sel
- Aplikasi terapi sel dalam berbagai penyakit
- Etika pemanfaatan stem cell
| - Stem cells: embryonic, adult, iPSCs
- Role of transcription and epigenetic factors in cell differentiation
- Cell therapy applications in various diseases
- Ethics of stem cell utilisation
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat menjelaskan tipe-tipe sel punca, karakteristik sel punca, proses diferensiasi dan dediferensiasi, faktor-faktor yang mempengaruhi sel punca
- Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa contoh aplikasi dairi sel punca dalam “regenerative medicine” seperti dalam penyakit kanker, diabetes, kerusakan jaringan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pertimbangan etika dalam pemanfaatan sel punca dalam obat regenerative
- Mahasiswa dapat mempresentasikan secara tertulis dan oral hasil pembahasan terkait studi kasus dan rangkuman artikel yang sudah dipelajarinya terkait aplikasi Sel Punca dan Pengobatan Regeneratif
| - Students are able to explain the types of stem cells, characteristics of stem cells, differentiation and dedifferentiation processes, factors that affect stem cells
- Students are able to explain some examples of applications of stem cells in "regenerative medicine" such as in cancer, diabetes, and tissue damage.
- Students are able to explain ethical considerations in the utilisation of stem cells in regenerative medicine.
- Students are able to present in writing and orally the results of discussions related to case studies and summaries of articles that have been studied related to the application of Stem Cells and Regenerative Medicine
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri | An in-class learning process, Structured assignments, Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous, Asinkronous | Modes of absorption: Visual, Auditorial
Modes of Execution: Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 30%; UAS 20%; Tugas 20%; Presentasi 20% | Midterm Exam 30%; Final Exam 30%; Assignments 20%; Presentation 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|