Kode Mata Kuliah | GD5107 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Filsafat Ilmu | Philosophy of Science |
---|
Bahan Kajian | - U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U5 Sikap profesional dan tanggung jawab etik
- U9 Filsafat Ilmu
| - U1 Communications
- U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
- U5 Professional attitude and ethical responsibility
- U9 Philosophy of Science
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan dasar metodologi filsafat dan sejarah pemikiran filsafat
- Mampu menjelaskan cabang-cabang filsafat (ontologi, epistemologi, aksiologi, metodologi, logika).
- Mampu menjelaskan aliran utama pemikiran filsafat terkait pembentukan ilmu pengetahuan (rasionalisme, empirisme, kantianisme, serta postivisme dan postivisme logis).
- Mampu memahami dan menjelaskan ruang lingkup dan batasan filsafat ilmu
- Mampu memahami dan menjelaskan struktur dasar pembentukan ilmu pengetahuan.
- Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan filsafat ilmu pada penelitian yang dilakukan.
- Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan filsafat ilmu pada praktik penulisan karya tulis ilmiah.
- Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar filsafat manusia, filsafat teknologi, filsafat pendidikan dan irisan antara filsafat dengan agama.
| - Able to explain the basic methodology of philosophy and the history of philosophical thought
- Able to explain branches of philosophy (ontology, epistemology, axiology, methodology, logic).
- Able to explain the main schools of philosophical thought related to the formation of science (rationalism, empiricism, Kantianism, as well as postivism and logical positivism).
- Able to understand and explain the scope and limitations of the philosophy of science
- Able to understand and explain the basic structure of the formation of knowledge.
- Able to understand, explain and apply the philosophy of science to the research carried out.
- Able to understand, explain and apply the philosophy of science to the practice of writing scientific papers.
- Able to understand and explain the basic concepts of human philosophy, philosophy of technology, philosophy of education and the intersection between philosophy and religion.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Kasus | Lecturer Centered Learning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Case-based learning) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron | Offline, Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tertulis (Esai), Lisan (Presentasi, Debat), Tugas (Laporan) | Written (Essay), Oral (Presentation, Debate), Assignments (Report) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|