Kode Mata KuliahIS6151 / 2 SKS
Penyelenggara257 - Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi / FTSL
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAspek Kelembagaan Dan Finansial Air MinumInstitutional and Financial Aspects of Water Supply
Bahan Kajian
  1. Tata kelola (governance) air minum
  2. Aktor-aktor dalam tata kelola air minum: state, market, third sector
  3. Model pembiayaan dalam pengelolaan air minum
  4. Model bisnis dalam pengelolaan air minum
  5. Public Private Partnership (PPP) dalam pendanaan air minum
  6. Studi kasus pembiayaan air minum
  7. Modal dan Tantangan dalam Pendanaan Air Minum
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pendekatan dan teori utama tentang tata kelola air (water governance) dalam konteks air minum perpipaan dan non-utility (off-grid)
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi aktor dan proses pengambilan keputusan sepanjang rantai pasok air minum dalam konteks air minum perpipaan dan non-utility (off-grid)
    3. Mahasiswa mampu menganalisis struktur tata kelola air minum dari studi kasus tertentu, termasuk integrasi kebijakan dan strategi ke dalam sistem perencanaan dan penganggaran pemerintah
    4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi state failure, market failure, third-sector, serta governance failure dalam penyediaan layanan air minum aman dan kerangka kerja peraturan di seluruh dunia.
    5. Mahasiswa mampu mengevaluasi elemen penting dalam pengembangan kebijakan yang berbasis dengan pembuktian
    6. Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami mengenai pendanaan sanitasi baik itu secara desentralisasi ataupun otonomi (keuangan) pemerintah Daerah
    7. Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan mengenai jenis-jenis bisnis model yang mungkin dilaksanakan dalam pengelolaan air dan sanitasi.
    8. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan mengenai modal dan Tantangan dalam pendanaan sanitasi.
    9. Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan mengenai Public Private Partnership (PPP) dalam pendanaan sanitasi
      Metode PembelajaranDiskusi kelompok, tugas, studi kasus
      Modalitas PembelajaranLuring, sinkron, dan mandiri/kelompok
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUTS 35%, UAS 40%, Tugas 25%
      Catatan Tambahan