Kode Mata Kuliah | BI6093 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penulisan Tesis | Thesis Writing |
---|
Bahan Kajian | - Riset magister dilaporkan dalam bentuk tesis
- Format tesis magister yang standar meliputi abstak, pendahuluan, studi pustaka, bahan & metoda, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka
- Evaluasi tesis
| - Master's research is reported in the form of a thesis
- The standard master's thesis format includes abstract, introduction, literature study, materials & methods, results, discussion, conclusion, and bibliography
- Thesis evaluation
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Penerapan Metode Ilmiah: Mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah secara sistematis dalam penyelidikan dan analisis fenomena biologi.
- Desain Eksperimen: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang eksperimen biologi yang valid dan reliable, termasuk pemilihan sampel, kontrol, dan variabel.
- Analisis Kuantitatif: Mahasiswa mampu melakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menginterpretasi hasil eksperimen.
- Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
- Kemampuan Interpretasi Data: Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau studi kasus dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti.
- Penerapan Teknologi dalam Penelitian: Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk mengumpulkan data, mengolahnya, dan menyajikan temuan secara efektif.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Diseminasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil studi atau penelitian kepada masyarakat luas melalui berbagai media, termasuk publikasi ilmiah, seminar, atau media sosial.
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
- Application of Scientific Method: Students can apply the scientific method systematically in the investigation and analysis of biological phenomena.
- Experiment Design: Students have the ability to design valid and reliable biological experiments, including sample selection, controls, and variables.
- Quantitative Analysis: Students are able to perform quantitative data analysis using appropriate statistical methods to interpret experimental results.
- Complex Problem Solving: Students can use a scientific approach to identify, analyze, and solve complex biological problems.
- Data Interpretation Skills: Students are able to interpret data from experiments or case studies and draw conclusions supported by evidence.
- Application of Technology in Research: Students are able to utilize the latest technology to collect data, process it, and present findings effectively.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Knowledge Dissemination: Students are able to disseminate the results of studies or research to the wider community through various media, including scientific publications, seminars, or social media.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual
Moda Pelaksanaan: Asinkronous | Absorption mode: Visual
Execution Mode: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Evaluasis tesis (pembimbing 50% dan evaluator 50%). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis
2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penulisan
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Evaluate thesis (50% supervisor and 50% evaluator). Carried out in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspect through written reports
2. Skills aspect through writing performance assessment
3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|