Kode Mata KuliahGD5108 / 3 SKS
Penyelenggara251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStatistik SpasialSpatial Statistics
Bahan Kajian
  1. R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
  2. R5 Pemodelan dan Analisis Data Spasial
  3. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  4. U3 Literasi data dan analisis
  1. R3 Geographic Information System (GIS)
  2. R5 Spatial Modeling and Data Analysis
  3. U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
  4. U3 Data literacy and analysis
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengevaluasi berbagai jenis data spasial (geostatistik, areal, proses titik) dan menerapkan bagaimana autokorelasi spasial berperan dalam pemodelan statistik.
  2. Mampu menerapkan metode yang diperkenalkan dalam perkuliahan untuk menyelidiki autokorelasi spasial dalam kumpulan data contoh yang disediakan sebagai latihan.
  3. Mampu mengevaluasi metode spasial mana yang akan digunakan dalam penelitian mereka sendiri dan mengimplementasikannya menggunakan perangkat lunak statistik dan sistem informasi geografis.
  4. Mampu mengevaluasi metode baru dalam literatur statistik spasial berdasarkan pemahaman tentang pendekatan, prinsip, dan asumsi utama statistik spasial dasar.
  1. Able to evaluate different types of spatial data (geostatistics, areal, point processes) and apply how spatial autocorrelation plays a role in statistical modeling.
  2. Able to apply the methods introduced in lecture to investigate spatial autocorrelation in the example data set provided as an exercise.
  3. Able to evaluate which spatial methods to use in their own research and implement them using statistical software and geographic information systems.
  4. Able to evaluate new methods in the spatial statistics literature based on an understanding of basic spatial statistics approaches, principles and key assumptions.
Metode PembelajaranPembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis PermasalahanLecturer Centered Learning (Knowledge Based Learning), Student Centered Learning (Problem Based Learning)
Modalitas PembelajaranLuring, SinkronOffline, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTertulis (Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan)Written (Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report)
Catatan Tambahan