Kode Mata Kuliah | GD6113 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kadaster Kelautan | Marine Cadastre |
---|
Bahan Kajian | - R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
- R6 Pemetaan
- R9 Kadsater
- R11 Sistem Referensi
- U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik
- U8 Manajerial
| - R3 Geographic Information System (GIS)
- R6 Mapping
- R9 Cadastre
- R11 Reference System
- U1 Communication
- U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
- U6 Citizenship, public policy
- U8 Managerial
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi komponen utama dan fungsi kadaster kelautan.
- Mampu menganalisis implikasi hukum dari pengelolaan dan penggunaan kadaster kelautan.
- Mampu memahami komponen-komponen utama MSDI dan fungsinya dalam pengelolaan data kelautan.
- Mampu mengenali berbagai teknologi geospasial yang digunakan dalam kadaster kelautan.
- Mampu memilih metode pengumpulan data yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan kondisi lapangan.
- Mampu menganalisis data kadaster kelautan untuk mendukung perencanaan dan pengelolaan ruang laut.
- Mampu menganalisis kontribusi kadaster kelautan terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan di sektor kelautan.
- Mampu menganalisis data kadaster kelautan untuk mendukung penetapan dan pengelolaan MPAs.
- Mampu menganalisis tantangan utama dalam pengembangan dan implementasi kadaster kelautan.
| - Able to identify the main components and functions of marine cadastre.
- Able to analyze the legal implications of managing and using marine cadastre.
- Able to understand the main components of MSDI (Marine Spatial Data Infrastructure) and its functions in marine data management.
- Able to recognize various geospatial technologies used in marine cadastre.
- Able to select appropriate data collection methods based on needs and field conditions.
- Able to analyze marine cadastre data to support marine spatial planning and management.
- Able to analyze the contribution of marine cadastre to sustainable economic development in the marine sector.
- Able to analyze marine cadastre data to support the establishment and management of MPAs (Marine Protected Areas).
- Able to analyze the main challenges in the development and implementation of marine cadastre.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Permasalahan | Lecturer Centered Leadning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Problem Based Learning) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring | Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tertulis (Uraian, Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan) | Written (Description, Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|