Kode Mata Kuliah | SR3001 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 170 - Seni Rupa / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknik Kertas Seni | Art Paper Techniques |
---|
Bahan Kajian | - Tentang Kertas secara umum
- Tradisi Membuat Kertas handmade
- Alat dan Bahan Kertas seni
- Metode pembuatan kertas secara manual
4.1 Daur ulang kertas
4.2 Kertas dari serat alami
4.3 Pengolahan bahan menjadi bubur kertas (pulping)
- Proses membuat kertas daur ulang
- Proses membuat kertas dari bahan serat alami
- Eksplorasi unsur rupa kertas seni melalui Teknik pembuatannya
- Eksplorasi unsur rupa kertas seni melalui Teknik alat dan materialnya dan atau dalam bentuk karya seni.
| - About Paper in general
- The tradition of making handmade paper
- Tools and Materials Art paper
- 4. Manual paper making method
4.1 Paper recycling
4.2 Paper from natural fibers
4.3 Processing materials into paper pulp (pulping)
4.4 Paper printing
- The process of making recycled paper
- The process of making paper from natural fiber materials
- Explore the visual elements of art paper through manufacturing techniques
- Exploration of the visual elements of art paper through techniques, tools and materials and/or in the form of works of art.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami dan menafsirkan teori-teori tentang kertas seni.
- Mampu memahami proses pulping dan teknik membuat kertas seni
- Mampu membuat kertas seni secara manual dengan teknik-teknik sederhana dan bahan yang ada di sekitar.
- Mampu mengeksplorasi unsur rupa secara teknis terkait alat dan bahan yang digunakan.
- Mampu menerapkan dan menentukan teknik kertas seni yang dikerjakan untuk berbagai keperluan berkarya seni rupa, baik seni murni maupun seni terapan.
- Mampu mengembangkan kemampuan dan menciptakan kertas seni sebagai salah satu alternatif dalam berkarya seni maupun desain.
- Mampu membuat dan mengaplikasikan kertas seni sebagai media ekspresi seni.
| - Able to understand and interpret theories about art paper.
- Able to understand the pulping process and techniques for making art paper
- Able to make art paper manually using simple techniques and materials found around you.
- Able to explore technical visual elements related to the tools and materials used.
- Able to apply and determine art paper techniques used for various purposes for creating fine arts, both fine arts and applied arts.
- Able to develop skills and create art paper as an alternative in creating art and design.
- Able to make and apply art paper as a medium for artistic expression.
|
---|
Metode Pembelajaran | 1. Ceramah (eksposisi).
2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, memberikan umpan balik).
3. Case Study/Simulasi
Perkuliahan dilaksanakan melalui metode praktika. Pengetahuan dan wawasan tentang medium kertas juga diberikan melalui penyampaian teori (video dan ppt). Setiap mahasiswa dalam perkuliahan diwajibkan membuat karya seni berbasis kertas sebagai output akhir dari perkuliahan ini. | 1. Lecture (exposition).
2. Active learning (discussion, solving problems together, providing feedback).
3. Case Study/Simulation
Lectures are carried out through practical methods. Knowledge and insight about the paper medium is also provided through the delivery of theory (video and ppt). Every student in the lecture is required to create paper-based artwork as the final output of this lecture. |
---|
Modalitas Pembelajaran | - Tatap muka: pembelajaran berlangsung terutama secara luring tatap muka (Face-to-Face) secara terjadwal di lokasi kampus.
- Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa. | - Face-to-face: learning takes place mainly offline, face-to-face (Face-to-Face) on a scheduled basis at campus locations.
- Asynchronous: Utilization of the Edunex LMS (online, asynchronous) which facilitates content delivery and management. The LMS is used to manage materials, assessments and assignments, and track student progress. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Metode penilaian yang digunakan adalah pengerjaan tugas dan ujian dalam bentuk karya seni (murni/terapan) dan uji materi tertulis (UTS) maupun presentasi perorangan (UAS). Metode ini efektif untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah, keterampilan dalam membuat karya, kemampuan mengekspresikan ide secara lisan dan Tulisan.
Komponen Penilaian:
(1) Kehadiran 10%;
(2) Tugas Karya (35%);
(3) UTS (Makalah Perorangan) 20%, dan
(4) UAS (Presentasi Kelompok) 35%.
Bobot komponen:
A = > 85
AB = 75-84
B = 70-74
BC = 65-69
C = 60-64
D = 50-59
E = < 49 | The assessment methods used are assignments and exams in the form of works of art (pure/applied) and written material tests (UTS) and individual presentations (UAS). This method is effective for measuring students' understanding of lecture material, skills in creating works, ability to express ideas orally and in writing.
Assessment Components:
(1) Attendance 10%;
(2) Work Assignments (35%);
(3) UTS (Individual Paper) 20%, and
(4) UAS (Group Presentation) 35%.
Component:
A = > 85
AB = 75-84
B = 70-74
BC = 65-69
C = 60-64
D = 50-59
E = < 49 |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|