Kode Mata Kuliah | TR5101 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 242 - Transportasi / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Elemen Sistem Transportasi dan Guna Lahan | Element of Transportation System and Land Use |
---|
Bahan Kajian | - Kelembagaan transportasi
- Pembiayaan transportasi
- Sistem spasial dan infrastruktur
- Ekonomi transportation
- Energi dan lingkungan
- Perilaku dan aspek sosial
- Manajemen
- Teknologi dan Informasi
| - Transportation institutions
- Transportation financing
- Spatial and infrastructure systems
- Transportation economics
- Energy and environment
- Behavior and social aspects
- Management
- Technology and Information
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami elemen sistem transportasi makro yang terdiri dari sistem transportasi, sistem kegiatan dan sistem pergerakan serta hubungan satusama lain secara teoretik dengan mempertimbangkan pola guna lahan yang terbentuk dan yang direncanakan
- Memahami sub-elemen sistem transportasi darat, laut dan udara secara teoretik (konsep, karakteristik,dan pengukuran kinerja) serta keterkaitannya dengan pola guna lahan
- Mengaplikasikan pemahaman tentang elemen-elemen sistem transportasi makro tersebut dengan mempertimbangkan pola guna lahan dalam melakukan analisis penstrukturan suatu masalah transportasi di Indonesia.
| - Understanding the elements of the macro transportation system, which consist of the transportation system, activity system, and movement system, as well as their theoretical interrelationships, considering both existing and planned land use patterns.
- Understanding the sub-elements of land, sea, and air transportation systems theoretically (concepts, characteristics, and performance measurement) and their interrelation with land use patterns.
- Applying an understanding of the elements of the macro transportation system, considering land use patterns, in analyzing the structuring of a transportation issue in Indonesia.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi Kelompok, Studi Kasus, Pembelajaran kooperatif | Group Discussion, Case Study, Cooperative learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, mandiri | Hybrid, individual |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis dan Tugas : 40 %; UTS : 25 %; dan UAS : 35 %. | Quizzes and Assignments: 40%; Midterm exam: 25%; and Final exam: 35 %. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|