Kode Mata KuliahGD6112 / 3 SKS
Penyelenggara251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTata Kelola Kadaster dan Tata Kelola PertanahanCadastral Governance and Land Governance
Bahan Kajian
  1. R6 Pemetaan
  2. R9 Kadaster
  3. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  4. U3 Literasi data dan analisis
  5. U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
  6. U5 Sikap professional dan tanggung jawab etik
  7. U8 Manajerial
  1. R6 Mapping
  2. R9 Cadastre
  3. U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
  4. U3 Data literacy and analysis
  5. U4 Teamwork and Leadership
  6. U5 Professional attitude and ethical responsibility
  7. U8 Managerial
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan pemanfaatan konsep dasar tata Kelola lahan dan kadaster dalam pemecahan masalah yang tidak terdefinisi.
  2. Mampu mengidentifikasi struktur permasalahan yang tidak terdefinisi dari sudut pandang kebijakan dan manajemen lahan.
  3. Mampu mengidentifikasi struktur permasalahan yang tidak terdefinisi dari sudut pandang kelembagaan tata Kelola lahan dan kadaster.
  4. Mampu mengidentifikasi struktur permasalahan yang tidak terdefinisi dari sudut pandang tata kelola lahan dan kadaster serta pembangunan yang berkelanjutan.
  5. Mampu memecahkan permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan perangkat (tools) informasi geospasial tata kelola lahan dan kadaster.
  6. Mampu memecahkan permasalahan yang tidak terdefinisi berdasarkan model tata kelola lahan dan kadaster.
  7. Mampu mengevaluasi tata kelola lahan dan kadaster.
  1. Able to explain the use of basic concepts of land management and cadastre in solving undefined problems.
  2. Able to identify undefined problem structures from a land policy and management perspective.
  3. Able to identify problem structures that are not defined from the institutional perspective of land management and cadastre.
  4. Able to identify undefined problem structures from the perspective of land management and cadastre as well as sustainable development.
  5. Able to solve undefined problems using geospatial information tools for land management and cadastre.
  6. Able to solve undefined problems based on land management and cadastre models.
  7. Able to evaluate land management and cadastre.
Metode PembelajaranPembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis ProyekLecturer Centered Learning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Project-based learning)
Modalitas PembelajaranLuring, SinkronOffline, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTertulis (Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan)Written (Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report)
Catatan Tambahan