Kode Mata Kuliah | GD6116 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perencanaan dan Pengembangan Lahan serta Wilayah | Land and Regional Planning and Development |
---|
Bahan Kajian | - R2 Pengindraan Jauh
- R3 Sistem Informasi Geografis
- R5 Pemodelan dan Analisis Data Spasial
- R6 Pemetaan
- R8 Mitigasi Bencana
- R9 Kadaster
- U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U3 Literasi data dan analisis
- U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
- U5 Sikap professional dan tanggung jawab etik
- U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik
- U7 Teknik Penulisan Ilmiah
| - R2 Remote Sensing
- R3 Geographic Information System (GIS)
- R5 Spatial Modeling and Data Analysis
- R6 Mapping
- R8 Disaster Mitigation
- R9 Cadastre
- U1 Communication
- U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
- U3 Data literacy and analysis
- U4 Teamwork and Leadership
- U5 Professional attitude and ethical responsibility
- U6 Citizenship, public policy
- U7 Scientific Writing Techniques
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan pemanfaatan informasi geospasial dalam penataan ruang
- Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep penataan ruang
- Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep kelembagaan penataan ruang
- Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep penataan ruang dan pembangunan yang berkelanjutan
- Mampu memecahkan permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep konsolidasi lahan
- Mampu menjelaskan struktur permasalahan yang tidak terdefinisi menggunakan konsep pengawasan penataan ruang
| - Able to explain the utilisation of geospatial information in spatial planning
- Able to explain the structure of undefined problems using the concept of spatial planning
- Able to explain the structure of undefined problems using the concept of spatial planning institutions
- Able to explain the structure of undefined problems using the concepts of spatial planning and sustainable development
- Able to solve undefined problems using the concept of land consolidation
- Able to explain the structure of undefined problems using the concept of spatial planning supervision
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Permasalahan | Lecturer Centered Learning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Problem-based learning) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron | Offline, Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tertulis (Uraian, Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan) | Written (Description, Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|