Kode Mata Kuliah | SA3101 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Sistem dan Rekayasa Irigasi | Irrigation System and Engineering |
---|
Bahan Kajian | - R2 Pendayagunaan SDA
- R8 Desain
- R9 Keberlanjutan
- U1 Komunikasi
- U3 Literasi Data dan Analisis
- U5 Pembelajaran Sepanjang Hayat
- U6 Sikap Profesional dan Tanggung Jawab Etik
| - R2 Water Resources Utilization
- R8 Design
- R9 Sustainability
- U1 Communication
- U3 Data Literacy and Analysis
- U5 Lifelong Learning
- U6 Professional Attitude and Ethical Responsibility
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa dalam penentuan desain sistem irigasi
- Menerapkan batasan-batasan yang ada dalam desain sistem irigasi permukaan, saluran irigasi, ataupun hidraulik bangunan dan menyesuaikan desain yang dibuat dengan batasan yang ada
- Menguasai Bahasa dan Tata Bahasa yang baik dalam pelaporan tugas besar termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinya dalam perhitungan sistem irigasi, penyiapan lahan, atau stabilitas bendung
- Memahami etika dan standar profesional di bidang sumber daya air dalam memperoleh, melaporkan, dan menganalisis data sistem irigasi
- Berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam pembentukan sistem jaringan irigasi
| - Applying engineering principles in determining irrigation system design
- Applying existing limitations in the design of surface irrigation systems, irrigation channels, or building hydraulics and adjusting the design made to existing limitations.
- Mastering good language and grammar in reporting major assignments including the use of mathematical equations and their illustrations in calculating irrigation systems, land preparation, or dam stability.
- Understanding ethics and professional standards in the field of water resources in obtaining, reporting, and analyzing irrigation system data.
- Interact productively with colleagues from different disciplines and scientific backgrounds in the formation of irrigation network systems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi kelompok, Studi kasus, Pembelajaran berbasis proyek | Group discussion, Case studies, Project based learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan Asinkron, Mandiri | Mixed, Synchronous and Asynchronous, Independent |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis 5%
Tugas Biasa 5%
Tugas Besar 50%
UTS 20%
UAS 20% | Quiz 5%
Ordinary Assignment 5%
Major Assignment 50%
Mid-Term Exam 20%
Final Exam 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|