Kode Mata Kuliah | SR3112 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 170 - Seni Rupa / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metodologi Penciptaan Seni I | Artistic Methodology I |
---|
Bahan Kajian | - Metode Penelitian Seni
- Metodologi Penciptaan Seni
- Laboratorium dan Kerja Studio Seni Rupa
- Kreativitas
- Proses Kreatif/Proses Produksi
| - Art research method
- Artistic methodology
- Laboratorium and studio practice in art
- Creativity
- Creative process/production process
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami pengetahuan inti dalam proses penciptaan karya seni rupa.
- Menganalisis fenomena dan objek kajian seni rupa dengan menerapkan prinsip dan metodologi riset
- Memahami keragaman konteks fenomena seni rupa.
- Menerapkan pemahaman terhadap konteks tertentu ke dalam penciptaan dan penelitian seni rupa.
| - Understand core knowledge of artistic processes in art.
- Applies principles and methodology of research to analyse art objects and phenomena.
- Understand the diverse context of art phenomena.
- Applies artistic research in art by understanding specific contexts.
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap muka, ceramah, diskusi. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron, asinkron, LMS Edunex | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Nilai Akhir = 10% Kehadiran + 20% Tugas dan Kuis + 30% UTS + 40% UAS
Bobot komponen:
A= > 85
AB= 75-84
B= 70-74
BC= 65-69
C= 60-64
D= 50-59
E= < 49
Kehadiran dihitung dari jumlah presentase presensi mahasiswa.
Ketika perkuliahan dilakukan secara daring, tugas kami ganti dengan kuis-kuis ringan. Mahasiswa diberikan video mengenai proses kreasi seniman yang mahasiswa bisa tonton dan analisis di rumah masing-masing. Saat ini ketika perkuliahan sudah full tatap muka, mahasiswa bisa lebih aktif berdiskusi dan mengomentari contoh kasus yang diberikan. Dosen juga sesekali mengajak mahasiswa untuk mengular beberapa sumber bacaan yang relevan dengan proses kreasi.
UTS berupa makalah mengenai seniman yang akan dijadikan kaji banding dalam proses kreasi di proyek seni.
UAS pada mata kuliah ini direncanakan untuk bisa bersinggungan secra langsung dengan laporan akhir pada proyek seni mahasiswa di studio. Mahasiswa sempat melakukan asistensi penulisan secara berkelompok dengan dosen dan hal itu dirasa cukup bisa membantu kedua belah pihak. Mahasiswa terbantu untuk bisa menyelesaikan UAS dan dosen bisa melakukan pelacakan pada mahasiswa yang memiliki kesulitan. | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|