Kode Mata Kuliah | BI6098 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penulisan Laporan Akhir | Final Report Writing |
---|
Bahan Kajian | - Penulisan laporan studi kasus
- Metode saintifik
- Ruang lingkup dan metode riset/studi kasus biologi
| - Writing case study reports
- Scientific method
- Scope and methods of biological research/case studies
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Penerapan Konsep dalam Penelitian: Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
- Penggunaan Perangkat Lunak Spesialis: Mahasiswa memanfaatkan perangkat lunak khusus untuk analisis biologi dan data secara efektif dan efisien.
- Kemampuan Analisis Data: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dan komputasi yang relevan dengan bidang biologi.
- Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
- Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
- Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Application of Concepts in Research: Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
- Use of Specialist Software: Students utilize specialized software for biological and data analysis effectively and efficiently.
- Data Analysis Skills: Students have the ability to collect, process, and analyze data using statistical and computational methods relevant to the field of biology.
- Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
- Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
- Proactive in Learning and Innovation:Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activity |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual
Moda pelaksanaan : Asinkronous | Absorption modes: Visual
Mode of implementation: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis
2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma penulisan
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspect through written reports
2. Skills aspect through writing performance assessment
3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|