Kode Mata Kuliah | BI5000 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metodologi Penelitian | Research Methodology |
---|
Bahan Kajian | - Nature dan tujuan penelitian, konsep dan elemen metodologi penelitian
- Penentuan topik penelitian, identifikasi dan perumusan masalah, kebaruan dan/atau nilai inovatif penelitian
- Research question, penentuan hipotesa, perancangan penelitian
- Desain eksperimen, konsep variabel bebas dan variabel terikat atau metode pemerolehan data lainnya sesuai dengan nature keilmuannya
- Sampling, sample, sampling error, sample size, karakteristik sample yang baik dan konsiderasi praktis dalam sampling
- Pengolahan data, analisis, pembahasan, dan kesimpulan
- Penyusunan laporan ilmiah
| - Nature and objectives of the research, concepts and elements of the research methodology
- Determination of research topics, identification and formulation of problems, novelty and/or innovative value of the research
- Research question, hypothesis determination, research design
- Experimental design, the concept of independent variables and dependent variables or other data acquisition methods in accordance with the nature of science
- Sampling, sample, sampling error, sample size, characteristics of a good sample and practical considerations in sampling.
- Data processing, analysis, discussion, and conclusion
- Preparation of scientific reports
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
- Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
- Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri | Learning process in class, structured assignments, independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual, Auditorial
Moda Pelaksanaan: Sinkronous, Asinkronous | Implementation Mode: Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa ujian tertulis dan karya tulis
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Carried out in an integrated manner to assess:
1. Aspects of knowledge through written tests in the form of written exams and written work
2. Skills aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|