Kode Mata KuliahBI5000 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMetodologi PenelitianResearch Methodology
Bahan Kajian
  1. Nature dan tujuan penelitian, konsep dan elemen metodologi penelitian
  2. Penentuan topik penelitian, identifikasi dan perumusan masalah, kebaruan dan/atau nilai inovatif penelitian
  3. Research question, penentuan hipotesa, perancangan penelitian
  4. Desain eksperimen, konsep variabel bebas dan variabel terikat atau metode pemerolehan data lainnya sesuai dengan nature keilmuannya
  5. Sampling, sample, sampling error, sample size, karakteristik sample yang baik dan konsiderasi praktis dalam sampling
  6. Pengolahan data, analisis, pembahasan, dan kesimpulan
  7. Penyusunan laporan ilmiah
  1. Nature and objectives of the research, concepts and elements of the research methodology
  2. Determination of research topics, identification and formulation of problems, novelty and/or innovative value of the research
  3. Research question, hypothesis determination, research design
  4. Experimental design, the concept of independent variables and dependent variables or other data acquisition methods in accordance with the nature of science
  5. Sampling, sample, sampling error, sample size, characteristics of a good sample and practical considerations in sampling.
  6. Data processing, analysis, discussion, and conclusion
  7. Preparation of scientific reports
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  2. Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
  3. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  4. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  5. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  6. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  1. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
  2. Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
  3. Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
  4. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
  5. Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  6. Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiriLearning process in class, structured assignments, independent activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual, Auditorial Moda Pelaksanaan: Sinkronous, AsinkronousImplementation Mode: Synchronous, Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianDilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa ujian tertulis dan karya tulis 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasCarried out in an integrated manner to assess: 1. Aspects of knowledge through written tests in the form of written exams and written work 2. Skills aspect through presentation (rubric) 3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan