Kode Mata Kuliah | GD8104 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 351 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Akta Sains Maritim | Acta Maritime Sains |
---|
Bahan Kajian | - R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
- R6 Pemetaan
- R9 Kadaster
- R11 Sistem Referensi
- U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik
- U7 Teknik Penulisan Ilmiah
| - R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
- R6 Pemetaan
- R9 Kadaster
- R11 Sistem Referensi
- Komunikasi U1
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik
- U7 Teknik Penulisan Ilmiah
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dan fungsi kadaster kelautan.
- Mahasiswa mampu menganalisis implikasi hukum dari pengelolaan dan penggunaan kadaster kelautan.
- Mahasiswa mampu memahami komponen-komponen utama MSDI dan fungsinya dalam pengelolaan data kelautan.
- Mahasiswa mampu mengenali berbagai teknologi geospasial yang digunakan dalam kadaster kelautan.
- Mahasiswa mampu memilih metode pengumpulan data yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan kondisi lapangan.
- Mahasiswa mampu menganalisis data kadaster kelautan untuk mendukung perencanaan dan pengelolaan ruang laut.
- Mahasiswa mampu menganalisis kontribusi kadaster kelautan terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan di sektor kelautan.
- Mahasiswa mampu menganalisis data kadaster kelautan untuk mendukung penetapan dan pengelolaan MPAs.
- Mahasiswa mampu menganalisis tantangan utama dalam pengembangan dan implementasi kadaster kelautan.
| - Students are able to identify the main components and functions of marine cadastre.
- Students are able to analyze the legal implications of managing and using maritime cadastres.
- Students are able to understand the main components of MSDI and their function in managing marine data.
- Students are able to recognize various geospatial technologies used in marine cadastre.
- Students are able to choose appropriate data collection methods based on needs and field conditions.
- Students are able to analyze marine cadastre data to support planning and management of marine space.
- Students are able to analyze the contribution of marine cadastre to sustainable economic development in the marine sector.
- Students are able to analyze marine cadastre data to support the determination and management of MPAs.
- Students are able to analyze the main challenges in the development and implementation of marine cadastre.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran berbasis masalah | Knowledge Based Learning, Case-based Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring | Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Uraian, Esai, Presentasi dan Laporan | Descriptions, Essays, Presentations and Reports |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|