Kode Mata Kuliah | TL4097 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 153 - Teknik Lingkungan / FTSL |
---|
Kategori | Tugas Akhir / Tesis / Disertasi |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perancangan Teknik Lingkungan | Environmental Engineering Design |
---|
Bahan Kajian | - Gambaran umum dan khusus Lokasi serta aspek khusus skala nasional dan internasional
- Parameter Desain Umum, Kriteria dan Parameter Desain Teknis, parameter limbah prioritas, wilayah pelayanan prioritas, constraints.
- Kondisi Lapangan dengan Data Lapangan Primer dan Sekunder
- Alternatif-Alternatif Konsep Desain Sistem
- Kriteria Seleksi Alternatif dan Analisis Constraints
- Desain Teknis Sistem Terpilih Alternatif-Alternatif
- Keberlanjutan
- Kriteria dan parameter desain teknis
- Rencana anggaran biaya sistem terpilih
| - General and specific description of the location as well as special aspects on a national and international scale
- General Design Parameters, Technical Design Criteria and Parameters, priority waste parameters, priority service areas, constraints.
- Field Conditions with Primary and Secondary Field Data
- Alternative System Design Concepts
- Alternative Selection Criteria and Constraints Analysis
- Technical Design of Selected Alternative Systems
- Continuity
- Technical design criteria and parameters
- Selected system cost budget plan
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menghasilkan design teknik lingkungan pada permasalahan yang nyata dengan menggunakan standar dan kriteria yang sesuai.
- Mahasiswa dapat menemukan alternatif solusi yang optimal berdasarkan pemasalahan yang ada.
- Mahasiswa mampu memilih alternatif terbaik berdasarkan kriteria desain keteknikan.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi aspek keberlanjutan dan manfaat rekayasa perancangan untuk meningkatkan kualitas lingkungan.
- Mahasiswa mampu memahami karakteristik permasalahan dan mampu memilih kriteria desain.
| - Students are able to produce environmental engineering designs on real problems using appropriate standards and criteria.
- Students can find optimal alternative solutions based on existing problems.
- Students are able to choose the best alternative based on engineering design criteria.
- Students are able to evaluate aspects of sustainability and the benefits of design engineering to improve environmental quality.
- Students are able to understand the characteristics of the problem and are able to choose design criteria.
|
---|
Metode Pembelajaran | KBL, PBL, SBL, CBL | KBL, PBL, SBL, CBL |
---|
Modalitas Pembelajaran | Lurin, Sinkron | Offline, Sychronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Uraian | Essay |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|