Kode Mata KuliahSA4190 / 2 SKS
Penyelenggara158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL
KategoriKerja Praktik
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKerja PraktikPractical Work
Bahan Kajian
  1. R5 Manajemen Konstruksi SDA
  2. R6 Ekonomi Teknik
  3. R8 Desain
  4. U1 Komunikasi
  5. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  6. U3 Literasi data dan analisis
  7. U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
  8. U5 Pembelajaran sepanjang hayat
  1. R5 Water Resources Construction Management
  2. R6 Engineering Economics
  3. R8 Design
  4. U1 Communication
  5. U2 Critical Thinking, Problem Solving, Decision Making
  6. U3 Data literacy and analysis
  7. U4 Teamwork and Leadership
  8. U5 Lifelong learning
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami desain bangunan air sesuai dengan batasan yang ada pada lokasi kerja praktik.
  2. Menguasai presentasi yang informatif dan menarik secara visual, menggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik, serta melakukan argumentasi yang persuasif, masuk akal, dan didukung dengan bukti.
  3. Mengaplikasikan etika dan standar profesional dalam memperoleh, melaporkan, dan menganalisis data pada kegiatan kerja praktik.
  4. Berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja di lokasi kerja praktik.
  1. Understand the design of water structures according to the limitations existing at the practical work location.
  2. Mastering informative and visually appealing presentations, using good language and grammar, and making persuasive, reasonable arguments supported by evidence.
  3. Apply ethics and professional standards in obtaining, reporting, and analyzing data in practical work activities.
  4. Interact productively with co-workers at the internship site.
Metode PembelajaranDiskusi Kelompok, Simulasi dan Bermain Peran, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah.Group Discussion, Simulation and Role Playing, Case Study, Collaborative Learning, Cooperative Learning, Project Based Learning, Problem Based Learning.
Modalitas PembelajaranLuring, Asinkron, KelompokOffline, Asynchronous, Group
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKegiatan lapangan 20% Laporan 50% Presentasi 30%Field activities 20% Report 50% Presentation 30%
Catatan Tambahan