Kode Mata Kuliah | PL7105 / 6 SKS |
---|
Penyelenggara | 354 - Perencanaan Wilayah dan Kota / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teori Perencanaan Wilayah dan Kota Kontemporer | Contemporary Urban and Regional Planning Theory |
---|
Bahan Kajian | - Teori Perencanaan
| - Planning Theory
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu memilih dan mengembangkan literatur mengenai pendekatan dan perdebatan teoritis terdepan dalam ruang lingkup studi mengenai perencanaan, wilayah dan kota.
- Mahasiswa dapat menghasilkan sebuah makalah yang dapat merefleksikan dan memposisikan penelitiannya terhadap teori perencanaan/wilayah/kota.
| - Students are able to select and develop literature on cutting-edge theoretical approaches and debates within the scope of studies on urban and regional planning.
- Students can produce a paper that reflects and positions their research within the theories of planning/urban/regional studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah tatap muka, presentasi/seminar | Lecture, presentation/seminar |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring | Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tiga kali Essay pendek, (Min1000 kata; Max 1500 kata) 25 %
Aktivitas Kelas (Diskusi) 10 %
Presentasi Power Point 15 %
Tugas Makalah (Min 8000 kata, max 10.000 kata, termasuk referensi daftar pustaka) 50 % | Three-weekly short easy, (Min1000 words; Max 1500 words) 25 %
Class activities (Discussion) 10 %
Power Point Presentation 15 %
Term paper (Min 8000 words, max 10.000 word, including references) 50 % |
---|
Catatan Tambahan | Pada minggu kedua mahasiswa diminta untuk mengembangkan garis besar untuk tugas makalah mereka dan rencana mereka untuk menulis bab-bab makalah termasuk literatur yang diusulkan.
Mahasiswa diharuskan untuk menulis tiga esay pendek mingguan, sebagai bagian dari makalah, untuk dibagikan sebelum pertemuan kelas. Esai harus mencerminkan penilaian kritis mereka pada bacaan mingguan mereka; membahas aspek-aspek teori yang menurut mereka menantang, bermasalah, atau berguna dalam menangani topik penelitian mereka sendiri; dan pertanyaan yang ingin mereka ajukan untuk diskusi kelompok.
Setiap minggu tiga orang mahasiswa mempresentasikan konsep esai pendek mingguan mereka dalam presentasi power point 20 menit untuk didiskusikan di kelas.
Esai pendek harus dapat menunjukkan pemahaman kritis mereka tentang bacaan yang ditugaskan dan relevansi dengan minat penelitian khusus mereka. Mahasiswa juga diminta untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, untuk ini, mahasiswa diminta untuk mempersiapkan topik atau pertanyaan debat untuk diskusi kelas.
Pada akhir semester, makalah lengkap harus diserahkan (10.000 kata termasuk referensi- dalam format jurnal) | At the second week students are required to develop an outline for their term paper and their plan to write the chapters of the paper including the proposed literatures.
Students are required to write Three-weekly short easy, as part of the term paper, to be distributed before the class meeting. The essay should reflect their critical assessment on their weekly reading; discusses aspects of the theory they find challenging, problematic, or useful in dealing with their own topic of research; and the questions they would like to pose for group discussion.
Each week three students are presenting their draft of three-weekly short easy in a 20 minutes power point presentation to be discussed in the class.
The short essay should be able to demonstrate their critical understanding of the assigned readings and the relevance to their specific research interest. Students are also required to actively participate in the class discussion, for this, students are required to prepare topics or debate questions for class discussion.
At the end of the semester, a full term paper has to be submitted (10.000 words including reference- in a journal format) |
---|