Kode Mata KuliahSA3213 / 3 SKS
Penyelenggara158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahProteksi dan Restorasi Rawa dan PesisirLowland and Coastal Protection and Restoration
Bahan Kajian
  1. S2 Fisika
  2. S3 Kimia
  3. R3 Daya Rusak Air
  4. R5 Manajemen Konstruksi SDA
  5. R7 Risiko dan Ketidakpastian
  6. R8 Desain
  7. R9 Keberlanjutan
  8. U1 Komunikasi
  9. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  10. U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
  1. S2 Physics
  2. S3 Chemistry
  3. R3 Destructive Power of Water
  4. R5 Water Resources Construction Management
  5. R7 Risk and Uncertainty
  6. R8 Design
  7. R9 Sustainability
  8. U1 Communication
  9. U2 Critical Thinking, Problem Solving, Decision Making
  10. U4 Teamwork and Leadership
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menerapkan konsep perlindungan pantai untuk memilih alternatif desain bangunan air di rawa dan pantai seperti groin, jetty, dan breakwater, termasuk hybrid engineering berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya dengan batasan yang realistis di dunia maya
  2. Mendeskripsikan situasi yang berkaitan dengan konflik ekosistem, ekologis, serta konsep pembangunan proteksi dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional
  3. Memahami masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau faktor ekonomi dalam solusi penanganan daya rusak air terhadap rawa serta pantai
  1. Applying the concept of coastal protection to select alternative designs for water structures in swamps and beaches such as groins, jetties, and breakwaters, including hybrid engineering based on predetermined criteria with realistic limitations in cyberspace.
  2. Describe situations related to ecosystem and ecological conflicts, as well as the concept of protection development and act in accordance with ethics and professional standards.
Metode PembelajaranDiskusi Kelompok, Simulasi dan Bermain Peran, Studi Kasus, Pembelajaran berbasis proyekGroup Discussion, Simulation and Role Play, Case Studies, Project Based Learning
Modalitas PembelajaranBauran, Sinkron dan asinkron, Mandiri dan kelompokMixed, Synchronous and asynchronous, Independent and group
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 30% UAS 30% Kuis 20% Tugas Mandiri/Kelompok 20%Mid-term exam 30% Final exam 30% Quiz 20% Independent/Group assignment 20%
Catatan Tambahan