| Kode Mata Kuliah | SR5202 / 5 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Seni Rupa / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Proyek Seni III | Art Project III |
|---|
| Bahan Kajian | - Proyek Seni sebagai penelitian
- Seniman, Studio dan Tantangan inovasi artistik
- Objek seni dan Tradisi Estetik
- Studi tentang metode khusus seni Barat
- Studi tentang metode khusus seni Oriental
- Studi tentang metode khusus seni Occidental
- Studi kasus tentang proyek seni lukis
- Studi kasus tentang proyek seni instalasi
- Studi kasus tentang proyek seni media
- Publikasi proyek seni
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mewujudkan hasil penelitian estetik ke dalam bentuk karya seni
- Mampu menyelaraskan gagasan penelitian karya dan inovasi artistik pada proyek seni
- Menggunakan landasan teori seni yang relevan dalam proyek penciptaan karya
- Melatih kemampuan menganalisis gagasan berkarya secara filosofis dan konseptual
- Melatih pengembangan metode khusus penciptaan karya seni secara individual
- Melatih kemampuan presentasi gagasan dan proses berkarya secara lisan dengan baik
- Mampu menyelenggarakan pameran secara kelompok atau tunggal di ruang publik
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | 1. Ceramah
2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.)
3. Demonstrasi
4. Studi kasus
5. Case method: students use the information provided to work (individually or in teams) to analyze the evidence presented, assess the positions of stakeholders, evaluate options, and predict the outcomes of particular choices.
6. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati.
7. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | - Tatap muka / Daring / Bauran
Sinkron / Asinkron
Individu / Kelompok
Mandiri/ Terbimbing | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | UTS, UAS, Tugas
Bobot Penilaian
Asistensi Karya dan Absensi: 5 %
Ujian Tengah Semester 15%
Ujian Akhir Semester 15 %
Proses Berkarya 20%
Pameran / Karya Akhir 45 % | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|