| Kode Mata Kuliah | SR6105 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Seni Rupa / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Seni Rupa Kontemporer | Contemporary Art |
|---|
| Bahan Kajian | - Pengantar perkuliahan Seni Rupa Kontemporer
- The Prehistory of Contemporary Art
- Pergeseran-pergeseran paradigmatik
- Implikasi Perubahan Dunia pada Seni Rupa Asia
- Implikasi Perubahan Dunia pada Seni Rupa Asia Tenggara
- Common ground: inter-Asian interactions in contemporary art
- Pop and Media Culture
- Isu: Politik dan globalisasi
- Isu: Dekolonialisasi dan Praktek/ Kurasi dalam SR Kontemporer
- Isu: Gender dan Seksualitas dalam SR Kontemporer
- Praktik Kolektif Seni (dalam SR global dan fenomenanya di Indonesia)
| - Introduction to Contemporary Art
- The Prehistory of Contemporary Art
- Paradigm Shifts
- The Dynamics of Production and Consumption in Contemporary Asian Visual Art
- Case Analysis in the Art World
- Implications of Global Change on Asian Contemporary Art
- Pop and Media Culture
- Issue: Politics dan Globalization
- Issue: Decolonization and Practices/Curatorship in Contemporary Art
- Issue: Gender and Sexuality in Contemporary Art
- Collective Practices in Art (Global Perspectives and Indonesian Contexts)
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - 1:04 Menafsirkan estetika pra-modern, modern dan postmodern 2
1:05 Menafsirkan teori-teori seni pra-modern, modern dan postmodern 3
1:07 Mengkritik karya seni atau pemikiran mengenai seni
- 2:01
Memperjelas cara berkomunikasi yang efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan dan sikap
6
2:02 Menyusun dan mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah
2:03 Menafsirkan teks berbahasa Inggris dengan baik
- 3:01 Mengombinasikan teknologi informasi yang mendukung studi
3:02 Menggunakan secara maksimal teknologi informasi dalam mendukung studi
- 4:01. Menunjukkan etika akademik
4:02 Menunjukkan etika profesional
4:03 Menyusun laporan akademik sesuai kaidah
4:04 Mempertajam amatan terhadap isu-isu inklusivitas
4:05 Mempertajam amatan terhadap isu-isu kebudayaan
4:06 Mempertajam amatan terhadap isu-isu lingkungan ekologi dan lingkungan hidup
- 6:01 Menunjukkan komitmen untuk mengembangkan diri baik secara formal maupun informal
6:02 Menunjukkan keinginan belajar terus menerus
| - 1:04 Interpreting Pre-Modern, Modern, and Postmodern Aesthetics
1:05 Interpreting Pre-Modern, Modern, and Postmodern Art Theories
1:07 Critiquing Works of Art or Discourses on Art
- 2:01 Clarifying Effective Communication Skills in Oral, Written, and Behavioral Presentations 6
2:02 Preparing and Presenting Academic Reports in Accordance with Established Conventions
2:03 Interpreting English Texts Accurately
- 3:01 Integrating Information Technology to Support Studies
3:02 Maximizing the Use of Information Technology in Supporting Studies
- 4:01 Demonstrating Academic Ethics
4:02 Demonstrating Professional Ethics
4:03 Preparing Academic Reports in Accordance with Established Conventions
4:04 Sharpening Awareness of Issues of Inclusivity
4:05 Sharpening Awareness of Cultural Issues
4:06 Sharpening Awareness of Ecological and Environmental Issues
- 01 Demonstrating Commitment to Self-Development through Both Formal and Informal Means
6:02 Demonstrating a Desire for Lifelong Learning
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Metode yang dipergunakan pada mata kuliah ini adalah collaborative learning dengan mengajak mahasiswa aktif melakukan diskusi dalam menanggapi berbagai macam kasus yang terkait seni rupa kontemporer. Memadukan antara metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas diberikan pula satu kali kuliah lapangan. | Lectures, Discussions, and Asynchronous Instructional Materials. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring asinkron, daring sinkron, LMS edunex | Asynchronous Offline Sessions, Synchronous Online Sessions, and Edunex Learning Management System (LMS) |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Tugas, Kuis, UTS, UAS | Assignments, Quizzes, Midterm, Final. |
|---|
| Catatan Tambahan | - | |
|---|