| Kode Mata Kuliah | SR5111 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Seni Rupa / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Seni Rupa Tradisi Nusantara | Archipelago Traditional Fine Arts |
|---|
| Bahan Kajian | - Seni Rupa Tradisi Nusantara dan Wawasan Nusantara
- Seni dan Filsafat Hidup Manusia Nusantara (Asia Tenggara)
- Seni Rupa Tradisi Nusantara dan Seni Tradisi Barat
- Seni Rupa Tradisi dan Karakter Masyarakat Nusantara
- Seni Rupa Tradisi Nusantara, Ritual dan Spiritulitas
- Seni Rupa Tradisi Nusantara, Arsitektur dan Mandala
- Seni Rupa Tradisi Nusantara dan keseharian
- Seni Rupa Tradisi Nusantara dan Wastra dan Pakaian
- Seni Rupa Tradisi Nusantara dan dengan obat, budaya I kuliner
- Seni Rupa Tradisi Nusantara dan Teknologi
- Seni Rupa Tradisi Nusantara, Transformasi Budaya dan Globalisasi
- Seni Rupa Tradisi Nusantara , Post Tradisi dan Seni Kontemporer
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menafsirkan peradaban pra-modern, modern dan post-modern dalam Kebudayaan
- Mahasiswa mampu memahami teori-teori Filsafat, Seni dalam ism dan kebudayaan
- Mahasiswa mampu mengkritik karya seni atau pemikiranfilsafat mengenai seni dalam kebudayaan
- Mahasiswa mampu memperjelas cara berkomunikasi yang efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan dan sikap
- Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah
- Mahasiswa mampu menafsirkan teks berbahasa Inggris dengan baik
- Mahasiswa menunjukan etika akademik
- Mahasiswa mampu mempertajam amatan terhadap isu-isu iklusifitas
- Mahasiswa mampu mempertajam amatan terhadap isu-isu lingkungan ekologi dan lingkungan hidup
- Mahasiswa mampu menunjukan keinginann belajar terus menerus
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Metode yang dipergunakan pada mata kuliah ini adalah
Ceramah
collaborative learning antar Mahasiswa
Pembelajaran aktif melakukan diskusi dalam menanggapi berbagai macam masalah yang terkait seni, Filsafat dan Kebudayaan .
Memadukan antara metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi,
Tatap Muka : pembelajaran langsung saat diskusi dan bimbingan
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
Mandiri | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Tatap Muka : pembelajaran langsung saat diskusi dan bimbingan
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
Mandiri | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | 1. Nilai Akhir = 20 % Kuis + 10% Kehadiran + 10% Kerjasama+ 30% UTS (berupa analisis teks) + 30% UAS (refleksi praktik seni masing-masing dikaitkan dengan SRK)
2. UTS berupa ujian tertulis bersifat perorangan dan take home test berupa analisis teks. Mahasiswa diberikan sebuah bahan bacaan terkait SRK di Asia dan kemudian diminta menuliskan tanggapan.
3. UAS berupa essay perorangan dan take home test. Ujian Akhir Semester berupa analisi reflektif mengenai praktik dan riset masing-masing dikaitkan dengan isu SRK, pergeseran paradigma dan globalisasi.
Tugas berupa tanggapan atau amatan terhadap materi kuliah lapangan. | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|