Kode Mata Kuliah | BI5119 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pemodelan Ekologi | Ecological Modeling |
---|
Bahan Kajian | - Teori sistem
- Pendekatan analisis ekosistem
- Metoda dan teknik analisis ekosistem
- Teori pemodelan
- Analisis dan pemodelan interaksi dalam ekosistem
- Simulasi analisis struktur ekosistem
- Proses dan jasa ekosistem
- Evaluasi model
- Perkembangan terkini dalam pemodelan ekologi
| - Systems theory
- Ecosystem analysis approach
- Ecosystem analysis methods and techniques
- Modeling theory
- Analysis and modeling of interactions in ecosystems
- Simulation of ecosystem structure analysis
- Ecosystem processes and services
- Model evaluation
- Recent developments in ecological modeling
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Penerapan Metode Ilmiah: Mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah secara sistematis dalam penyelidikan dan analisis fenomena biologi.
- Desain Eksperimen: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang eksperimen biologi yang valid dan reliable, termasuk pemilihan sampel, kontrol, dan variabel.
- Penerapan Teknologi dalam Penelitian: Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk mengumpulkan data, mengolahnya, dan menyajikan temuan secara efektif.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
| - Application of Scientific Methods: Students can apply scientific methods systematically in the investigation and analysis of biological phenomena.
- Experimental Design: Students have the ability to design valid and reliable biological experiments, including sample selection, controls and variables.
- Application of Technology in Research: Students are able to utilize the latest technology to collect data, process it, and present findings effectively.
- Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, especially those related to the focus of study.
- Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Learning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption: Visual; Auditory; Kinesthetic
Implementation capacity: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, UTS, UAS, and independent/group assignments.
- Aspects of skills through presentation (rubric)
- Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|