Kode Mata KuliahBI5001 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBiologi Sel lanjutAdvanced Cell Biology
Bahan Kajian
  1. Struktur Membran
  2. Membran transport dari molekul kecil
  3. Kompartemen intraseluler dan protein sorting
  4. Intraseluler vesikular trafik
  5. Konversi energi
  6. Komunikasi sel
  7. Sitoskelet
  8. Siklus sel dan apoptosis
  9. Analisa hasil penelitian di SITH dan perkembangan ilmu biologi sel terkini yang dikaitkan dengan topik biologi sel
  1. Membrane Structure
  2. Transport membrane of small molecules
  3. Intracellular compartments and protein sorting
  4. Intracellular vesicular trafficking
  5. Energy conversion
  6. Cell communication
  7. Cytoskelets
  8. Cell cycle and apoptosis
  9. Analysis of research results in SITH and the latest developments in cell biology related to cell biology topics.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  3. Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  4. Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  6. Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  7. Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
  8. Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
  9. Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  1. Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering biological scientific problems.
  3. Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
  4. Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biology research or case studies.
  6. Students continue to update or apply the latest knowledge in the field of biology and technology, especially those related to the focus of their studies.
  7. Students showed high initiative in finding new learning resources, enthusiasm in discussing and discussing the latest knowledge in biology.
  8. Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively.
  9. Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokClassroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Moda pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Conducted in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan