Kode Mata Kuliah | SA4113 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Rekayasa Tenaga Air | Hydro Power Engineering |
---|
Bahan Kajian | - R2 Pendayagunaan SDA
- R4 Sistem Informasi SDA
- R5 Manajemen Konstruksi SDA
- R6 Ekonomi Teknik
- R7 Risiko dan Ketidakpastian
- R8 Desain
- R9 Keberlanjutan
- U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U3 Literasi Data dan Analisis
- U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
- U5 Pembelajaran sepanjang hayat
- U6 Sikap profesional dan tanggung jawab etik
| - R2 Utilization of Water Resources
- R4 Water Resources Information System
- R5 Water Resources Construction Management
- R6 Engineering Economics
- R7 Risk and Uncertainty
- R8 Design
- R9 Sustainability
- U1 Communication
- U2 Critical Thinking, Problem Solving, Decision Making
- U3 Data Literacy and Analysis
- U4 Teamwork and Leadership
- U5 Lifelong learning
- U6 Professional attitude and ethical responsibility
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menerapkan batasan-batasan yang ada dalam desain penentuan sistem run-of-river hydropower ataupun penggunaan turbin dan menyesuaikan desain yang dibuat dengan batasan yang ada
- Memahami situasi yang berkaitan dengan konflik kepentingan dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional dalam proses uji kelayakan fasilitas tenaga air
- Kemampuan untuk berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam penentuan perencanaan sebuah fasilitas tenaga air
- Memahami masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau ekonomi faktor dalam menemukan solusi permasalahan pembangunan infrastruktur tenaga air seperti penggunaan lahan, alokasi air, penurunan kualitas air, serta peminjaman dana pembangunan
| - Applying the existing limitations in the design of determining the run-of-river hydropower system or the use of turbines and adjusting the design made to the existing limitations.
- Understand situations related to conflicts of interest and act in accordance with ethics and professional standards in the process of testing the feasibility of hydropower facilities.
- the ability to interact productively with colleagues from different disciplines and scientific backgrounds in determining the planning of a hydropower facility
- Understanding social, cultural, environmental and/or economic factors in finding solutions to hydropower infrastructure development problems such as land use, water allocation, water quality degradation, and borrowing development funds.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi Kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Berbasis Proyek | Group Discussion, Simulation, Case Study, Collaborative Learning, Project Based Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan Asinkron, Berkelompok | ixed, Synchronous and Asynchronous, Grouped |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 30%
UAS 30%
Tugas Mandiri 10%
Tugas Besar 30% | Midterm Exam 30%
Final Exam 30%
Independent Assignment 10%
Major Assignment 30% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|