Kode Mata KuliahSA4211 / 3 SKS
Penyelenggara158 - Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air / FTSL
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahOperasi dan Pemeliharaan Bangunan AirHydraulic Structure Operation and Maintenance
Bahan Kajian
  1. R1 Konservasi SDA
  2. R2 Pendayagunaan SDA
  3. R3 Daya Rusak Air
  4. R4 Sistem Informasi SDA
  5. R5 Manajemen Konstruksi SDA
  6. R6 Ekonomi Teknik
  7. R7 Risiko dan Ketidakpastian
  8. R9 Keberlanjutan
  9. U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
  1. R1 Water Resources Conservation
  2. R2 Utilization of water resources
  3. R3 Destructive Power of Water
  4. R4 Water Resources Information System
  5. R5 Water Resources Construction Management
  6. R6 Engineering Economics
  7. R7 Risk and Uncertainty
  8. R9 Sustainability
  9. U4 Teamwork and Leadership
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan prosedur operasi serta pemeliharaan dalam sistem jaringan irigasi, sungai, bendung/bendungan, atau bangunan pantai
  2. Kemampuan untuk menilai situasi yang berkaitan dengan konflik kepentingan dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional dalam prinsip-prinsip K3 ataupun analisis serta manajemen peralatan dan pelaksanaan pekerjaan persiapan
  3. Kemampuan untuk mempertimbangkan masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau ekonomi faktor dalam penentuan pembiayaan operasi-pemeliharaan, risiko, metode konstruksi, serta kegiatan rehabilitasi yang dilakukan
  1. Ability to apply operating and maintenance procedures in irrigation network systems, rivers, dams/dams, or coastal structures
  2. Ability to assess situations related to conflicts of interest and act in accordance with ethics and professional standards in K3 principles or analysis and management of equipment and implementation of preparatory work.
  3. Ability to consider social, cultural, environmental and/or economic factors in determining operating-maintenance costs, risks, construction methods, and rehabilitation activities undertaken.
Metode PembelajaranSimulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis ProyekSimulation, Case Studies, Cooperative Learning, Project Based Learning
Modalitas PembelajaranBauran, Sinkron dan Asinkron, Mandiri dan BerkelompokMixed, Synchronous and Asynchronous, Independent and Group
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 25% UAS 30% Kuis 10% Tugas Mandiri 20%Mid-term exam 25% Final exam 30% Quiz 10% Independent assignment 20%
Catatan Tambahan