Kode Mata Kuliah | AE3103 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 136 - Teknik Dirgantara / FTMD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Analisis dan Perancangan Struktur Ringan | Lightweight Structure Analysis and Design |
---|
Bahan Kajian | - Dasar-dasar Teori Elastisitas
- Momen Lentur dan Gaya Geser pada Struktur Dinding Tipis
- Torsi pada Struktur Dinding Tipis
- Analisis Komponen dan Idealisasi Struktur Dinding Tipis
- Analisis Sambungan pada Struktur Dinding Tipis
- Analisis Tekuk (Buckling) pada Struktur Dinding Tipis
- Kelelahan dan Toleransi Cacat (Fatigue and Damage Tolerance) dalam Perancangan Struktur
- Respons Dinamik dalam Perancangan Struktur
- Beban Termal dalam Perancangan Struktur
- Konsep Perancangan Struktur Dirgantara
- Beban Desain dan Peraturan Kelaikan Struktur (Structure Airworthiness Regulation)
- Jalur Beban (Load Path) pada Struktur
- Tinjauan Rancangan (Design Review) dan Gambar Teknik
| - Role and layout of typical aerospace main-structure
- Initial sizing of typical aerospace main-structure
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami dasar teori elastisitas pada analisis struktur dinding tipis.
- Mahasiswa memahami idealisasi komponen struktur dinding tipis.
- Mahasiswa dapat menganalisis tegangan yang terjadi pada struktur dinding tipis akibat momen lentur, gaya lintang, dan torsi.
- Mahasiswa dapat menganalisis kegagalan material dan tekuk (buckling) pada struktur dinding tipis.
- Mahasiswa memahami pertimbangan kelelahan material dan mekanika retak, respons dinamik, dan beban termal dalam perancangan struktur.
- Mahasiswa memahami dan dapat merancang jalur beban pada struktur.
- Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tata letak struktur utama wahana dirgantara.
- Mahasiswa dapat merancang dan menentukan tata letak struktur utama wahana dirgantara.
- Mahasiswa dapat menggunakan data beban desain untuk melakukan initial sizing berdasarkan prosedur yang sederhana.
- Mahasiswa dapat melakukan perhitungan tegangan maksimum dan nilai Margin of Safety (MoS) berdasarkan peraturan kelaikan struktur (structure airworthiness regulation).
- Mahasiswa dapat menyampaikan hasil rancangan komponen struktur dalam bentuk seminar, laporan tertulis, dan gambar teknik.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap muka di kelas, Studi kasus, Pembelajaran kolaboratif, Presentasi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron, Mandiri dan kelompok | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas, Ujian tengah semester 1, Ujian tengah semester 2, Ujian akhir semester | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|