Kode Mata KuliahAE3103 / 4 SKS
Penyelenggara136 - Teknik Dirgantara / FTMD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAnalisis dan Perancangan Struktur RinganLightweight Structure Analysis and Design
Bahan Kajian
  1. Dasar-dasar Teori Elastisitas
  2. Momen Lentur dan Gaya Geser pada Struktur Dinding Tipis
  3. Torsi pada Struktur Dinding Tipis
  4. Analisis Komponen dan Idealisasi Struktur Dinding Tipis
  5. Analisis Sambungan pada Struktur Dinding Tipis
  6. Analisis Tekuk (Buckling) pada Struktur Dinding Tipis
  7. Kelelahan dan Toleransi Cacat (Fatigue and Damage Tolerance) dalam Perancangan Struktur
  8. Respons Dinamik dalam Perancangan Struktur
  9. Beban Termal dalam Perancangan Struktur
  10. Konsep Perancangan Struktur Dirgantara
  11. Beban Desain dan Peraturan Kelaikan Struktur (Structure Airworthiness Regulation)
  12. Jalur Beban (Load Path) pada Struktur
  13. Tinjauan Rancangan (Design Review) dan Gambar Teknik
  1. Role and layout of typical aerospace main-structure
  2. Initial sizing of typical aerospace main-structure
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa memahami dasar teori elastisitas pada analisis struktur dinding tipis.
  2. Mahasiswa memahami idealisasi komponen struktur dinding tipis.
  3. Mahasiswa dapat menganalisis tegangan yang terjadi pada struktur dinding tipis akibat momen lentur, gaya lintang, dan torsi.
  4. Mahasiswa dapat menganalisis kegagalan material dan tekuk (buckling) pada struktur dinding tipis.
  5. Mahasiswa memahami pertimbangan kelelahan material dan mekanika retak, respons dinamik, dan beban termal dalam perancangan struktur.
  6. Mahasiswa memahami dan dapat merancang jalur beban pada struktur.
  7. Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tata letak struktur utama wahana dirgantara.
  8. Mahasiswa dapat merancang dan menentukan tata letak struktur utama wahana dirgantara.
  9. Mahasiswa dapat menggunakan data beban desain untuk melakukan initial sizing berdasarkan prosedur yang sederhana.
  10. Mahasiswa dapat melakukan perhitungan tegangan maksimum dan nilai Margin of Safety (MoS) berdasarkan peraturan kelaikan struktur (structure airworthiness regulation).
  11. Mahasiswa dapat menyampaikan hasil rancangan komponen struktur dalam bentuk seminar, laporan tertulis, dan gambar teknik.
    Metode PembelajaranTatap muka di kelas, Studi kasus, Pembelajaran kolaboratif, Presentasi
    Modalitas PembelajaranLuring, Sinkron, Mandiri dan kelompok
    Jenis NilaiABCDE
    Metode PenilaianTugas, Ujian tengah semester 1, Ujian tengah semester 2, Ujian akhir semester
    Catatan Tambahan