Kode Mata Kuliah | BI5216 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kapita Selekta Ilmu Hayati | Capita Selecta Life Sciences |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan kapita selekta ilmu hayati
- Biologi sel dan molekuler
- Ekologi dan keanekaragaman hayati
- Biologi tumbuhan dan hewan
- Kajian litelatur (studi kasus, penelitian terbaru, atau isu-isu ilmu hayati yang sedang berkembang)
| - Intoduction
- Cell and Molecular Biology
- Ecology and Biodiversity
- Plant and Animal Biology
- Literature Review (case studies, recent research, or emerging issues in life sciences)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
| - Students are able to integrate knowledge from biological disciplines with other fields such as technology, social sciences, and economics to create innovative solutions.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with a well-organized structure and appropriate language style to effectively convey information to the intended audience.
- Continuous Knowledge Updating: Able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their field.
- Responsive to New Trends: Able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, particularly those related to their field of study.
- Proactive in Learning and Innovation: Able to demonstrate proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent Activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui karya tulis
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|