Kode Mata Kuliah | BI6210 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Biokontrol untuk Ekosistem Berkelanjutan | Biocontrol for Sustainable Ecosystems |
---|
Bahan Kajian | - Konsep penggunaan agen hayati untuk mengendalikan hama dan gulma
- Dasar ekologi dan penggunaannya dalam sistem biocontrol dan pengelolaan hama
- Strategi dalam Pengendalian Hayati
- Tantangan dan Prospek Biokontrol
| - Concept of using biological agents to control pests and weeds
- Basic ecology and its use in biocontrol systems and pest management
- Strategies in Biocontrol
- Challenges and Prospects for Biocontrol
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
- Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
- Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
- Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|