Kode Mata KuliahBI6210 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBiokontrol untuk Ekosistem BerkelanjutanBiocontrol for Sustainable Ecosystems
Bahan Kajian
  1. Konsep penggunaan agen hayati untuk mengendalikan hama dan gulma
  2. Dasar ekologi dan penggunaannya dalam sistem biocontrol dan pengelolaan hama
  3. Strategi dalam Pengendalian Hayati
  4. Tantangan dan Prospek Biokontrol
  1. Concept of using biological agents to control pests and weeds
  2. Basic ecology and its use in biocontrol systems and pest management
  3. Strategies in Biocontrol
  4. Challenges and Prospects for Biocontrol
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  3. Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
  4. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  6. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  7. Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
  1. Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
  3. Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
  4. Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
  6. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
  7. Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranModa penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Moda pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan