Kode Mata KuliahBI5292 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTopik Khusus Biologi LingkunganSpecific Topics in Environmental Biology
Bahan Kajian
  1. Topik spesifik biologi lingkungan yang diimplementasikan dalam penelitian (ekologi, biodiversitas, dan lain sebagainya)
  2. Metode dan Teknik penelitian dalam biologi lingkungan
  1. Specific environmental biology topics implemented in research (ecology, biodiversity, etc.)
  2. Research methods and techniques in environmental biology
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  3. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  4. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
  6. Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
  7. Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
  1. Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
  2. Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
  3. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
  4. Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by following the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
  6. Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
  7. Academic Integrity and scientific practice: Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
Metode PembelajaranKegiatan mandiriIndependent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : AsinkronAbsorption: Visual; Auditory; Kinesthetic Implementation capacity: Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E)Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan