Kode Mata Kuliah | DS6106 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 271 - Desain / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penelitian Desain | Design Research |
---|
Bahan Kajian | - Mengembangkan keterampilan analisis dan evaluasi yang kritis terhadap hasil penelitian desain, Meningkatkan kemampuan reflektif dan analitis dalam proses penelitian dan desain, Merancang dan melaksanakan penelitian desain yang kompleks dan inovatif serta menyusun publikasi akademik.
- Aplikasi Penelitian dalam Penelitian berupa obyek (desain), Integrasi hasil penelitian ke dalam proses desain, Evaluasi dan kritik terhadap proyek penelitian desain berupa Studi kasus: penerapan dalam obyek desain nyata. Metode perkuliahan berupa pemaparan teori dan konsep dasar diikuti dengan diskusi interaktif. Analisis dan pembahasan kasus nyata untuk mengaplikasikan teori ke dalam praktik, melibatkan seluruh proses penelitian dari perumusan masalah hingga presentasi hasil.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Mendalam tentang Metodologi Penelitian: pemahaman mendalam tentang berbagai metodologi penelitian yang relevan dalam bidang desain, termasuk pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran.
- Memiliki Pengetahuan tentang Teori dan Model Desain, mampu mengintegrasikan teori dan model desain dalam proses penelitian, serta mengembangkan kerangka teoritis yang relevan dengan permasalahan desain.
- Mampu menganalisis data penelitian dengan menggunakan berbagai teknik analisis kualitatif dan kuantitatif, serta alat bantu analisis data, serta memiliki kemampuan evaluasi kritis hasil penelitian desain, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan metode yang digunakan, serta membuat rekomendasi berdasarkan temuan penelitian..
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian desain yang kompleks, termasuk pengembangan hipotesis, pengumpulan data, dan analisis hasil serta memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam, survei, dan studi kasus.
- Mampu melakukan refleksi kritis terhadap proses dan hasil penelitian desain, serta menggunakan umpan balik untuk perbaikan berkelanjutan.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Collaborative Learning
Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi.
Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning, dan webinar | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas Individu dan Kelompok: 30%
Proyek Penelitian: 40%
Ujian Tengah Semester: 15%
Ujian Akhir Semester: 15% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|