Kode Mata KuliahDS5013 / 3 SKS
Penyelenggara271 - Desain / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRancang GerakMotion Design
Bahan Kajian
  1. Prinsip dan metode perancangan gerak dalam animasi
  2. Riset terhadap gerak dan perilaku manusia.
  3. Simulasi riset perancangan animasi
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa memahami teori terkait gerak animasi dan aspek-aspek di dalamnya yang meliputi kualitas, sifat serta pola gerak dalam animasi karakter dan motion graphic.
    2. Mahasiswa memahami prinsip dan metode merancang gerak animasi yang komunikatif dan otentik berbasis riset terhadap gerak dan perilaku manusia.
    3. Mahasiswa mampu mengintegrasikan teori dan metode riset gerak animasi ke dalam sebuah bentuk rencana penelitian sebagai dasar perancangan gerak animasi.
    4. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip perancangan gerak berbasis riset untuk membuat animasi karakter yang komunikatif dan otentik dengan berbagai kemungkinan teknik seperti teknik animasi klasik, digital keyframe, atau motion capture.
      Metode PembelajaranCeramah/Kuliah Dosen Tamu Diskusi Praktek studio
      Modalitas PembelajaranBauran/Hybrid Luring (Offline): Kuliah tatap muka, diskusi dan presentasi. Daring (Online): Pengerjaan tugas mandiri, pengumpulan tugas melalui platform e-learning.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianWeighted
      Catatan TambahanKomponen Penilaian: Tugas Individu Tugas Kelompok UTS UAS Kehadiran